4 Penerapan AIDA Marketing dalam Periklanan
Siker.id | 27 Apr 2022 07:00


Bagikan ke
Penerapan AIDA Marketing (siker)

siker.id - Seorang marketer yang andal setidaknya harus mengetahui tentang model-model di dalam marketing salah satunya model AIDA. Model marketing AIDA adalah akronim dari Attention, Interest, Desire dan Action. Sederhananya AIDA adalah model yang digunakan dalam pemasaran untuk menggambarkan langkah-langkah yang dilalui pelanggan dalam proses pembelian suatu produk. Umumnya model AIDA ini digunakan dalam kampanye iklan dan strategi penjualan. Lalu seperti apa penerapan model AIDA dalam periklanan atau teknik copywriting? Berikut penjelasannya!

Baca juga: 3 Trend Email Marketing Pada Tahun 2022

Attention (Menarik perhatian)

Saat membuat pesan iklan yang akan ditampilkan kepada calon konsumen, tim marketing harus mampu membuat pemasaran yang menarik perhatian. Tujuannya supaya merek lebih dikenal oleh calon pelanggan atau terjadinya brand awareness. Biasanya konten yang menarik berisi pesan yang kontradiktif, provokatif dan informatif. Selain itu diperlukan juga keseimbangan dalam konten tersebut, sebab bila terlalu menarik mampu mengaburkan pesan konten yang sesungguhnya.

Interest (Mempertahankan minat)

Bila dengan strategi di atas kamu yakin mampu menarik perhatian pelanggan, maka langkah selanjutnya dalam pengaplikasian model AIDA adalah kamu harus mampu mempertahankan minat pelanggan. Sasaran periklanan dalam fase kedua ini tercapai apabila pelanggan terlibat aktif dengan iklan tersebut melalui ketertarikan dengan produk atau layanan yang ditawarkan.

Baca juga: 3 Trend Content Marketing Tahun 2022

Desire (Membuat keinginan)

Sementara fase ketiga dari model AIDA adalah tentang desire atau keinginan. Ini berkaitan tentang niat pembelian yang konkret dari calon pelanggan. Dalam copywriting sendiri ada tiga model untuk menimbulkan keinginan pada pelanggan di antaranya perlu dijelaskan bagaimana produk dapat menyelesaikan permasalahan pelanggan, tampilkan testimonial pelanggan yang telah terbukti membantu pelanggan, dan tunjukkan manfaat produk

Action (Tindakan)

Bila pengiklan telah berhasil menimbulkan minat dari calon pelanggan, maka langkah terakhir dalam pengaplikasian model AIDA ini harus berujung pada sebuah tindakan yang mampu menggerakkan user melakukan pemesanan dan transaksi produk. Pengaplikasian AIDA dalam proses copywriting di fase terakhir ini harus menunjukkan ajakan untuk bertindak.

Sekian artikel tentang penerapan AIDA marketing dalam periklanan. bIla menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Jenis Teknik Pemasaran Direct Marketing


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar