3 Fungsi Perlu Adanya Feedback
Siker.id | 26 Apr 2022 19:00


Bagikan ke
Fungsi feedback (siker)

siker.id - Feedback atau umpan balik menurut KBBI adalah tanggapan langsung dari pengamatan sebagai hasil kelakuan individu terhadap individu lain atau bahan yang diperoleh kembali dari penerapan sesuatu untuk unsur perbaikan dalam tindak lanjut. Secara umum, feedback atau umpan balik memiliki unsur positif dan bersifat membangun. Feedback secara khusus berfokus pada evaluasi untuk menguatkan bakat atau pencapaian dan berlaku pada sumber daya manusia maupun produk. Di sisi lain, feedback negatif lebih berfokus pada kesalahan dan bertendensi pada peningkatan kinerja dengan metode judging atau menghakimi. Untuk mendalami feedback itu berikut ini beberapa fungsinya!

Baca juga: 3 Tips Menemukan Pekerjaan Sesuai Impian

Fungsi motivasi

Feedback dalam dunia kerja dapat berguna untuk memotivasi karyawan agar bisa bekerja lebih baik. Karyawan memerlukan suatu feedback sebagai penghargaan atas kinerja mereka. Feedback yang positif dan bersifat membangun akan menumbuhkan motivasi terhadap individu karyawan dalam mengerjakan tugas-tugasnya. Hal ini juga dapat berdampak jangka panjang terhadap retensi karyawan.

Fungsi meningkatkan kinerja

Salah satu fungsi praktis dari feedback adalah mampu meningkatkan kinerja. Feedback berbeda dengan sekadar kritik, karena secara khusus feedback merupakan kritik yang membangun. Feedback ini lantas dapat meningkatkan kinerja karyawan dan bahkan dapat membantu meningkatkan peran karyawan dalam merumuskan strategi atau keputusan untuk memperbaiki operasional perusahaan.

Baca juga: 4 Tips Berolahraga saat Pekerjaan Padat

Fungsi pembelajaran berkelanjutan

Feedback juga dapat berfungsi sebagai metode pembelajaran berkelanjutan karena adanya waktu dan ruang interaksi untuk bertanya dan belajar dari pengalaman orang lain dalam satu ranah pekerjaan tertentu. Feedback yang berkelanjutan cukup penting dalam dunia kerja karena setiap orang dapat saling membangun demi mewujudkan capaian dan peningkatan produk di perusahaan.

Sekian artikel tentang fungsi perlunya mendapatkan feedback. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tips Healing Sederhana Dari Pekerjaan Saat Weekend


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar