Tips Healing Sederhana Dari Pekerjaan Saat Weekend
Siker.id | 08 Apr 2022 15:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (siker.id/freepik)

siker.id - Belakangan ini, istilah healing sering kali digunakan di media sosial untuk menjelaskan bagaimana pentingnya menjaga kesehatan mental. Self healing merupakan upaya yang kita lakukan dengan cara mandiri untuk menyembuhkan luka batin emosional kita.

Menumpuknya kerjaan dan tidak kunjung selesai memang bisa membuat beban pada pikiran dan juga badan kita, bahkan jika dibiarkan berlarut-larut bisa menimbulkan burnout. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk self healing, salah satunya dengan jalan-jalan, karena cara ini cukup sering dipilih oleh orang-orang.

Baca juga : 4 Tips Yang Di Lakukan Ketika di Kejar Deadline

Sekarang ini, banyak orang sudah mulai sadar bahwa kesehatan mental juga sama pentingnya dengan kesehatan fisik, penting banget buat kita untuk mengatasinya. Nah, berikut ini adalah beberapa tips untuk self healing sederhana yang tentu tidak menyita banyak waktu dan uang yang dikeluarkan.

1. Menjauh dari Lingkungan yang Toxic

Yang paling penting dari self-healing adalah ketenangan. Salah satu caranya adalah dengan menjauhi lingkungan yang toxic. Lingkungan macam ini akan memperparah mood kamu.

Kamu bisa mulai menjauh atau menghilangkan toxic dengan mute atau unfollow teman di media sosial yang sering memberikan postingan negatif, atau bisa juga kamu beristirahat sejenak dari sosial media mu. Agar kamu bisa lebih konsentrasi dalam kerjaan.

 

2. Lakukan Hal yang Kamu Sukai

 

Misalnya lakukan hobi yang selama ini jarang kamu lakukan. Berenang, baca buku, atau memasak. Walaupun sebentar, kegiatan ini akan menyegarkan pikiran kamu. Ingat kerja keras boleh tapi jangan lupa buat senang-senang, ya!

3. Tidur Lebih Awal

 

Jangan keseringan begadang. Meskipun kerjaan lagi numpuk banget, usahakan atur waktu agar bisa tidur lebih awal. Istirahat yang cukup akan membuat kondisi badan dan pikiranmu lebih baik.

Baca juga : Tips Menjaga Hubungan Baik Dengan Partner Bisnis Anda

4. Buat Personal Goal

 

Faktor lain yang membuat mu burnout adalah kamu belum punya goal untuk hidup kamu. Dengan membuat personal goal, kamu jadi lebih punya motivasi dalam bekerja demi mewujudkan goal kamu. Dengan begini kerjaan kamu gak akan bikin kamu jadi stres.

5. Habiskan Waktu Bersama Keluarga

 

Sering bekerja buat kita jadi lupa buat untuk meluangkan waktu sama keluarga. Padahal mengobrol atau bercanda bareng mereka bisa meredakan rasa lelah kamu setelah capek seharian bekerja. So, jangan lupa untuk selalu sempatkan waktu kamu, seperti ajak keluargamu pergi makan ke luar seminggu sekali, atau sekedar bertukar cerita di ruang tamu ketika sore hari.

6. Lakukan Meditasi

 

Tarik nafas, hembuskan, meditasi jadi salah satu cara ampuh ketika pikiran kamu lagi penat. Kamu bisa pilih meditasi apapun contohnya yoga, atau lakukan stretching dan gerakan tarik dan buang nafas setiap bangun pagi atau di sela-sela pekerjaanmu juga bisa membantu.

Luangkanlah waktumu untuk melakukan beberapa cara healing sederhana diatas ketika weekend tiba. Ingat, kesehatan dan perasaan kamu adalah prioritas. Semoga dapat membantu. Apabila kamu menyukai artikel ini bisa kamu bagikan pada kerabat, dan jika ada kritik dan saran bisa ditulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Tips Memulai Karir Sebagai Selebgram


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar