icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Ini Tips Managemen Pekerjaan Agar Lebih Efektif
Siker.id | 03 Dec 2021 09:55


Bagikan ke
Pentingnya melakukan managemen pekerjaan agar pekerjaan bisa lebih cepat selesai adalah hal yang wajib dilakukan perusahaan saat ini. (siker)

siker.id - Hal yang paling umum dialami semua orang yang bekerja adalah manajemen pekerjaan. Waktu 24 jam dalam sehari seolah tak cukup untuk merampungkan satu tugas saja. Apalagi jika dalam pekerjaan dituntut untuk menyelesaikan banyak tugas dengan deadline yang singkat. Pastilah akan membuat pekerjaan terasa berat. Jika kamu adalah karyawan baru, manajemen pekerjaan merupakan sesuatu yang harus dipelajari. Karena harus membiasakan diri dengan tugas yang banyak sedangkan waktu pengerjaannya terbatas. Berikut ini tips melakukan managemen pekerjaan agar lebih tertata rapi!

Baca juga: Bagaimana Caranya Mendapatkan Pekerjaan Impian?

1. Jangan Multitasking

Multitasking menciptakan ilusi bahwa mengerjakan banyak pekerjaan sama dengan menjadi produktif. Padahal, akan lebih sulit menyelesaikan pekerjaan dengan cara ini. Kerjakan satu tugas sampai selesai, istirahat sejenak, lalu selesaikan pekerjaan selanjutnya.

2. Mendesak Tidak Selamanya Berarti Penting

Saat didesak oleh orang lain untuk menyelesaikan sesuatu, Anda akan merasa panik dan takut gagal menyenangkan orang tersebut. Jika Anda sudah tahu bahwa yang orang itu desak sebetulnya tidak terlalu penting, Anda bisa atur ulang prioritas Anda dan fokus pada menyelesaikan yang Anda tahu lebih penting.

3. Buat To Do List

Untuk memanajemen pekerjaan, buatlah tulisan di notes atau gunakan reminder di hp dan buatlah perencanaan tentang apa saja yang akan dan harus Anda kerjakan esok hari. Dengan begitu, di kantor Anda tidak akan bingung harus mengerjakan apa saja. Sehingga waktu tak akan terbuang sia-sia.

4. Buat Skala Prioritas

Setelah membuat rencana tentang apa-apa saja yang harus dilakukan/ dikerjakan, agar manajemen pekerjaan lebih baik, buatlah skala prioritas. Susunlah tugas-tugas sesuai deadline yang disediakan. Anda bisa memilih tugas yang ringan terlebih dahulu, atau bisa juga tugas yang deadlinenya lebih dekat. Jika skala prioritas sudah dibuat, segera mulailah bekerja. Jangan mengulur-ulur waktu untuk hal-hal yang tidak penting.

Baca juga: Berikut Daftar Pekerjaan Yang Tidak Melihat Pendidikan

5. Istirahat

Bangun dari tempat duduk Anda, lakukan olahraga ringan. Melihat layar komputer terlalu lama mengakibatkan mata lelah dan sakit kepala. Keluar dan mencari udara segar sejenak membuat Anda berenergi lagi.

6. Konsentrasi

Orang-orang yang berlalu-lalang membuat konsentrasi Anda buyar dan berkali kali, Anda harus tetap menjaga konsentarasi saat bekerja.

7. Bayangkan hal-hal menyenangkan

Coba bayangkan bagaimana perasaan Anda saat berhasil menyelesaikan tugas? Anda bisa cepat pulang, bertemu keluarga dan teman serta melakukan aktivitas lainnya yang menyenangkan. Terus berfokus untuk mengingatkan pada kondisi tersebut. Jadi akan mudah dalam menghindar dari bagian-bagian yang kurang penting dalam pekerjaan Anda.

Sekian artikel tentang tips manajemen pekerjaan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengatasi Kebiasaan Menunda Pekerjaan?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar