icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Bagaimana Caranya Mendapatkan Pekerjaan Impian?
Siker.id | 01 Dec 2021 22:00


Bagikan ke
Mendapatkan pekerjaan impian bisa kita dapatkan bila Anda mengetahui beberapa trik dan pandai dalam mengolah skil yang ada. (siker)

siker.id - Jika Anda telah menemukan panggilan hidup pekerjaan Anda, itu adalah hal yang bagus! Hal Itu merupakan sebuah langkah yang besar. Kebanyakan orang cenderung untuk bertahan pada sebuah pekerjaan yang tidak mereka nikmati karena mereka tidak tahu apalagi yang bisa mereka lakukan. Tetapi jika Anda mempunyai pekerjaan impian yang spesifik yang ingin dicapai, memang perlu sedikit usaha extra untuk mendapatkannya. Penting diingat bahwa merubah jalur karier dan mengejar sesuatu hal yang baru memerlukan waktu, kerja keras dan juga kesabaran. Tetapi jika Anda memiliki kepercayaan yang cukup kuat, Anda akan menemukan cara untuk mencapainya. Berikut ini beberapa tips agar Anda bisa mendapatkan pekerjaan impian.

Baca juga: Bagaimana Menyeimbangkan Pekerjaan Dengan Kehidupan Pribadi?

1. Perbaiki Cara Berkomunikasi

Agar karir impian segera Anda dapatkan, jangan lupa untuk memperbaiki cara berkomunikasi. Cara komunikasi yang baik akan membantu Anda untuk menemukan karir impian. Komunikasi adalah jalan untuk menemukan pekerjaan. Latih cara komunikasi dengan sebaik mungkin.

2. Perbanyak Komunitas

Membentuk jaringan sangat penting untuk membangun karir Anda. Sibukkan diri Anda dalam komunitas. Nah, komunitas ini akan membantu Anda untuk bertemu dengan orang-orang baru yang ilmunya dapat Anda manfaatkan untuk membangun karir kamu di masa depan. Tidak hanya itu kamu juga dapat aktif berorganisasi utnuk membangun jaringan kamu demi meraih masa depan dan karirmu.

3. Bersihkan Media Sosial

Baik Anda mencari pekerjaan dengan cara tradisional atau mencari posisi yang tidak diiklankan, ini tetap menjadi langkah penting. Pastikan akun media sosial Anda bebas dari perilaku yang memberi kesan negatif. Periksa juga foto-foto yang di-tag pada Anda. Hindari adanya penggunaan kata kasar. Akun media sosial penting karena akan memberikan gambaran singkat mengenai siapa diri Anda dan perilaku yang akan ditampilkan di tempat kerja.

4. Andalkan Jaringan

Departemen SDM atau bagian Human Resource (HR) mungkin terlihat menjadi tempat yang paling logis untuk memperkenalkan diri Anda kepada sebuah perusahaan. Bagian HR terus dibombardir dengan surat atau e-mail yang masuk. Alih-alih mengajukan diri kepada bagian HRD, strategi lain yang lebih baik adalah dengan membangun jaringan dan koneksi secara personal dengan orang yang bekerja pada perusahaan itu.

Baca juga: Cara Mengatasi Atasan Memberi Pekerjaan Diluar Job Desc

5. Cari Tahu Kontribusi Terbaik

Diskusikan dengan para professional (orang yang berpengalaman) di dalam industri yang Anda tuju. Dapatkan wawasan/pengetahuan sebanyak-banyaknya mengenai segala bentuk persoalan dan tren pada industri tersebut. Termasuk juga masalah karyawan/perekrutan. Hal ini tentunya akan membantu untuk mencari tahu seberapa besar Anda dapat memanfaatkan skill/kelebihan Anda dan bagaimana Anda akan berperan di perusahaan tersebut.

6. Lamarlah Pekerjaan Spesifik dan Sesuai Impian Anda.

Ini mungkin terdengar tidak umum, namun patut untuk dicoba. Di samping melamar sebuah iklan lowongan kerja di situs online, Anda juga dapat melakukan pendekatan yang lebih berani. Anda dapat mengirimkan (e-mail/pos) lamaran secara spekulatif dengan mencantumkan posisi yang Anda inginkan (posisi yang lebih spesifik) kepada Perusahaan impian Anda. Tentunya hal tersebut akan menjadi perhatian mereka. Keuntungan dalam melakukan hal ini adalah lamaran yang Anda kirimkan tidak akan sama dengan ratusan lamaran lainnya yang masuk.

7. Perbaiki CV Anda

CV seringkali dianggap remeh bagi pelamar kerja, kenyataannya penerima kerja menganggap CV adalah pintu untuk mengenal lebih dekat calon pekerjanya. Jadi, jika kamu ingin melamar pekerjaan sangat penting untuk membuat CV semenarik mungkin.

8. Petakan Komepetensi Diri

Cari tahu minat dan bakat yang Anda miliki. Hal ini penting, bekerja sesuai dengan minat dan kemampuan Anda dapat membantu untuk meningkatkan karir yang Anda miliki. Selalu ingat your passion doesn’t always pay your bills, jadi tetap berpikir realistis sangat penting.

Sekian artikel tentang tips mendapatkan pekerjaan impian. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Ingin Bertahan dari Tekanan Pekerjaan? Lakukan Cara Ini


Editor: Theo Adi -

     

Komentar