Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Tertarik Jadi Frontliner? Begini Penjelasannya!
Siker.id | 17 Oct 2022 12:00


Bagikan ke
Frontliner (siker)

siker.id – Kamu pastinya pernah mengunjungi bank, bukan? Ya, biasanya orang yang melayani kepentinganmu adalah teller atau customer service bank. Pekerjaan mereka tergolong dalam jenis pekerjaan frontliner. Apa itu frontliner?

Dikutip dari skillacademy, frontliner ialah perwakilan perusahaan atau garda terdepan yang berhubungan dan berinteraksi langsung dengan pelanggan atau konsumen.

Sebagai contoh, memberi informasi, solusi, mendengarkan keluhan, dan lainnya. Setiap perusahaan umumnya punya frontliner, terutama yang bergerak di bidang jasa, pariwisata, perhotelan, dan perbankan.

Dikarenakan harus menyapa langsung para pelanggan, frontliner sendiri sering dianggap sebagai bagian penting dari tim customer service.

Mereka harus memerhatikan pelanggan, menangani masalah mereka, dan menjawab berbagai pertanyaan terkait produk perusahaan.

Mereka juga harus bisa menciptakan interaksi positif supaya dapat meningkatkan jumlah penjualan dan kepuasan pelanggan.

Baca Juga: Berminat Menjadi Customer Service? Pahami Ini Dulu!

Jenis Frontliner

Berikut beberapa jenis frontliner antara lain:

Front Desk Agent

Jenis frontliner pertama adalah front desk agent. Front desk agent umumnya bekerja di konter utama hotel, resort, atau jenis penginapan lainnya.

Front desk agent bertugas membantu pelanggan melakukan check-in dan check-out dari kamar mereka, membuat atau mengubah reservasi, dan menyelesaikan masalah lain terkait pemesanan yang mereka lakukan.

Teller Bank

Jenis selanjutnya adalah teller bank. Seorang teller bank adalah karyawan bank yang bertugas melayani semua transaksi keuangan perbankan pelanggan seperti transfer, menabung, atau transaksi lainnya.

Teller bank juga harus bisa membantu dan memberikan solusi untuk pelanggan yang ingin melakukan transaksi perbankan dan menyediakan layanan tunai dan nontunai.

Customer Service

Customer service juga tergolong dalam frontliner. Seorang customer service bertugas menyediakan layanan kepada pelanggan dan menjaga kepuasan serta kenyamanan mereka.

Customer service atau layanan pelanggan juga bertugas menerima keluhan dan masalah dari pelanggan kemudian memberikan solusi untuk masalah mereka tersebut.

Baca Juga: 3 Skill Wajib menjadi Seorang Customer Service

Skill Frontliner

Bila kamu berminat untuk menjadi seorang frontliner, kamu harus menguasai beberapa keterampilan di bawah ini antara lain:

Komunikasi

Skill yang wajib untuk kamu tingkatkan ketika menjadi seorang frontliner ialah kemampuan dalam berkomunikasi.

Pasalnya, seorang frontliner nantinya harus berinteraksi langsung dengan pelanggan.

Beberapa bank atau perusahaan yang membuka posisi frontliner bahkan mewajibkan kandidat untuk bisa berbahasa Inggris juga lho, sobat siker. Jadi, persiapkan hal ini, ya.

Problem Solving

Skill kedua adalah memiliki keterampilan dalam memecahkan masalah. Seorang frontliner harus mampu memecahkan masalah.

Inisiatif yang dimiliki harus tinggi. Untuk itu, seorang frontliner tentunya harus memiliki kemampuan mengingat sesuatu dengan baik sekaligus memiliki kemauan belajar yang tinggi.

Keterampilan Mendengarkan

Keterampilan ini penting untuk dimiliki frontliner. Pasalnya, tak hanya dapat menjelaskan segala hal dengan baik kepada customer, frontliner juga harus mampu mendengarkan.

Seorang frontliner harus memberikan solusi pemecahan masalah jika tahu permasalahan yang dihadapi oleh customer.

Nah, itu tadi artikel mengenai frontliner yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Skill Wajib Seorang Teller Bank


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar