3 Skill Wajib menjadi Seorang Customer Service
Siker.id | 03 Jun 2022 07:00


Bagikan ke
Skill customer service (siker)

siker.id - Untuk menjadi customer service yang andal, ada banyak soft skill yang perlu dikembangkan untuk menunjang hard skill agar menghasilkan performa kerja yang bernilai maksimal dan tercapainya kepuasan pelanggan sebagai target penting dalam tujuan perusahaan. Berikut beberapa soft skill penting yang perlu dikuasai jika kamu ingin menjadi seorang customer service.

Baca juga: 3 Skill Wajib yang Harus Dikuasai Digital Marketing

Kemampuan mendengarkan

Diperlukan keterampilan mendengarkan yang baik agar dapat memahami dengan jelas apa yang disampaikan oleh pelanggan dan bagaimana cara membantunya. Kamu juga perlu menunjukkan sikap tubuh dan reaksi peduli untuk membuat pelanggan mengerti bahwa kamu benar-benar mendengarkan. Lakukan kontak mata, dan jangan ragu bertanya untuk mengklarifikasi apabila ada hal yang kurang jelas. Saat berbicara dengan pelanggan melalui telepon, jangan menyela saat pelanggan sedang berbicara.

Mampu kontrol diri

Bekerja sebagai customer service dituntut untuk dapat menghadapi berbagai tipe dan karakter pelanggan termasuk yang sulit. Diperlukan kemampuan untuk mengendalikan diri dan tetap tenang, bahkan saat sedang menghadapi pelanggan yang sedang marah. Kesabaran dan kendali diri yang baik akan mencegahmu terbawa situasi dan bersikap kesal serta menghindarkan kamu dari mengucapkan kata-kata yang kurang pantas akibat emosi. Kemampuan mengendalikan diri adalah langkah awal yang baik untuk dapat menangani berbagai situasi.

Baca juga: 3 Skill Yang DIperlukan Untuk Business Development

Memberikan solusi

Ini adalah keterampilan yang sangat penting bagi seorang customer service karena kamu berhadapan dengan para pelanggan yang akan membutuhkan solusi atas masalah yang dihadapinya. Penting untuk melatih diri agar bisa menjadi problem solver yang kreatif. Pahami baik-baik masalah yang dihadapi dan tawarkan solusi yang realistis. Jika kamu tidak dapat memberikan solusi yang dibutuhkan, kamu bisa membantu memberikan alternatif bantuan dengan menunjukkan tempat atau orang yang diperkirakan dapat memberi bantuan solusi yang dibutuhkan.

Sekian artikel tentang skill yang diperlukan untuk menjadi customer service. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada semua orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Skill Freelancer Yang Wajib Dimiliki


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar