icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berminat Menjadi Customer Service? Pahami Ini Dulu!
Siker.id | 12 Oct 2022 16:05


Bagikan ke
Customer service (siker)

siker.id – Pastinya kalian sering mendengar istilah customer service (CS) pada perusahaan atau usaha bisnis tertentu.

Ya, customer service merupakan jasa layanan yang ditawarkan oleh perusahaan atau bisnis untuk para pelanggannya baik sesudah maupun sebelum pembelian produk atau jasa.

Dilansir dari Glints.com, tujuan dari adanya bidang customer service ini sendiri adalah untuk memberikan kenyamanan sehingga pengalaman mereka bertransaksi menjadi lebih baik dan berharap memenuhi ekspektasi mereka.

Customer service juga bisa didefinisikan sebagai interaksi langsung antara konsumen yang melakukan pembelian dengan staf yang mewakili dari brand atau bisnis.

Baca Juga: 3 Tips Membangun Customer Relationship

Peranan Customer Service

Customer service memiliki peranan penting untuk perusahaan, lho. Berikut peranan seorang CS antara lain:

Menjadi Penjaga Kepercayaan Pelanggan

Seorang CS akan terkait langsung dengan peran penjaga kepercayaan pelanggan maupun klien. Melalui interaksi divisi ini dengan pelanggan yang berkelanjutan, CS mampu meninggalkan kesan mendalam mengenai baik buruknya pelayanannya. Untuk itu penting bagi CS dalam menjaga kepercayaan kepada pelanggan.

Sebagai Data Entry

Maksud dari peran ini, CS pada dasarnya juga bertugas memasukan data ke dalam komputer. Saat pelanggan membuat pesanan, CS biasanya akan memasukkan informasi ke dalam sistem komputer dan mengirimkan email konfirmasi pada pelanggan.

Sebagai Public Relation

CS juga memiliki peranan sebagai public relation. Pasalnya, divisi CS ini sebagian besar berperan sebagai media untuk membangun dan memperkuat hubungan perusahaan dengan pihak eksternal. Customer service dapat menjadi wakil perusahaan sebagai jalur kontak utama dari pihak eksternal.

Baca Juga: 4 Pekerjaan Seorang Customer Relationship Officer

Skill Seorang Customer Service

Nah, bila kamu tertarik untuk menjadi seorang CS, sebaiknya kamu memiliki skill ini terlebih dahulu sebelum kamu menjadi seorang CS, ya, sobat siker.

Komunikatif

Skill pertama yang bisa kamu terapkan adalah memiliki komunikasi yang komunikatif. Kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik saat berhubungan dengan klien adalah salah satu skill utama yang harus dimiliki oleh customer care.

Persuasi

Skill kedua adalah kamu harus memiliki persuasi yang baik. Pasalnya, kamu akan sering berhubungan dengan pelanggan dan kamu juga harus menghadapi situasi dimana mereka harus menawarkan produk atau layanan pada pelanggan.

Dalam situasi ini sangat membutuhkan kemampuan persuasi yang baik agar mereka dapat meyakinkan pelanggan bahwa produk perusahaan kamu layak untuk mereka beli.

Menjadi Pendengar yang Baik

Ini merupakan keterampilan penting yang harus dikuasai seorang CS. Pasalnya, tak sedikit klien yang menghubungi customer care untuk komplain dan mengajukan banyak pertanyaan seputar permasalahan mereka.

Seorang CS selain harus menguasai segala informasi mengenai perusahaan, mereka pun juga harus mampu menjadi pendengar yang baik demi mendapatkan loyalitas dari pelanggan.

Fast Response

Keterampilan selanjutnya adalah cepat merespon. Ya, seorang CS harus mampu merespon dengan cepat pertanyaan atau keluhan yang dilontarkan oleh para pelanggan.

Respon yang cepat dan tanggap dapat mempengaruhi seberapa besar loyalitas klien terhadap brand perusahaan karena waktu pelanggan yang terbuang menunjukkan bahwa perusahaan kurang menghargai mereka.

Nah, itu tadi artikel mengenai customer service yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Begini 4 Strategi Customer Acquisition yang Oke!


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar