Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Begini 4 Pekerjaan Seorang Account Officer!
Siker.id | 03 Oct 2022 10:00


Bagikan ke
Pekerjaan seorang account officer (Siker)

siker.id – Pada bidang keuangan, pastinya terdapat berbagai macam pekerjaan yang ada. Salah satu contohnya adalah account officer (AO). Pernahkah kalian mendengar pekerjaan ini? Apa itu account officer?

Dikutip dari ekrut.com, account officer merupakan orang yang bertugas untuk mengkoordinasikan pendapatan serta pengeluaran dari sebuah perusahaan. Seorang account officer bertanggung jawab dalam melakukan pembukuan perusahaan, mengurus kas perusahaan dan biaya karyawan, mengelola faktur, dan memastikan kelancaran transaksi dengan klien.

Selain itu, seorang account officer juga memiliki tugas lain, lho, sobat siker. Penasaran apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga: Ketahui 5 Tugas Account Payable Staff

Memberikan Solusi kepada Konsumen

Tugas AO tidak hanya menjaga hubungan yang baik dengan klien, namun juga harus mampu memberikan solusi kepada klien jika terjadi hambatan selama pengajuan, pembayaran, dan pelunasan.

AO harus dapat menawarkan solusi yang menguntungkan perusahaan dan klien. Sehingga, AO harus mampu berpikir cepat, menganalisa masalah, dan memiliki gaya berbicara persuasif agar klien berkeinginan menggunakan produk.

Melakukan Pengelolaan Produk dan Kredit

Pekerjaan selanjutnya adalah melakukan pengelolaan produk dan kredit. Seperti menawarkan dan memberikan produk yang sesuai dengan kebutuhan klien atau nasabah.

Tidak hanya itu, tugas account officer adalah melakukan pengecekan kepada klien atau nasabah dengan benar. Hal ini harus dilakukan agar nasabah melakukan kewajibannya dengan lancar.

Baca Juga: Berikut 5 Tugas Seorang Account Receivable

Collecting

Pekerjaan selanjutnya adalah collecting. Ya, tugas ini meliputi menyebar brosur, menggunakan sosial media, hingga meminta referensi pada orang yang dikenalnya.

Tujuan AO melakukannya adalah untuk mencari calon klien atau nasabah baru untuk direkrut. Salah satu problem account officer adalah ketika ada orang yang menolak dengan kasar pada produk yang ditawarkan.

Melakukan Pengenalan Produk

Pekerjaan AO berikutnya adalah melakukan pengenalan produk ke klien. Produk yang dikenalkan berupa produk yang dikeluarkan oleh perusahaan tempatnya bekerja.

Biasanya, produk yang ditawarkan adalah jasa. Bisa dalam bentuk pinjaman kredit, deposito, dan bentuk jasa lainnya.

Nah, itu tadi 4 Pekerjaan Seorang Account Officer yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Pekerjaan Seorang Customer Relationship Officer


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar