4 Pekerjaan Seorang Customer Relationship Officer
Siker.id | 20 Sep 2022 13:05


Bagikan ke
Pekerjaan Seorang Customer Relationship Officer (siker)

siker.id – Pernahkah kalian mendengar mengenai pekerjaan yang berhubungan dengan pelanggan? Atau terkait dengan layanan suatu pelanggan? Nah, salah satu contoh pekerjaannya adalah customer relationship officer? Siapakah seorang customer relationship itu?

Dikutip dari Jobhero, customer relation officer bertugas untuk menangani keluhan atau kekhawatiran dari pelanggan yang membeli barang atau jasa dari perusahaan. Mereka punya tanggung jawab cukup besar dalam menentukan kepuasan pelanggan dari sebuah perusahaan. Oleh karena itu, posisi ini punya peran yang cukup penting.

Lantas, apa saja pekerjaan dari seorang CRO (Customer Relationship Officer) ini? Simak pembahasannya di bawah ini!

Baca Juga: Begini 4 Strategi Customer Acquisition yang Oke!

Memahami Konsumen atau Pelanggan

Tugas pertama dan terpenting bagi seorang customer relationship officer ialah menemukan cara terbaik untuk memenangkan hati para konsumen atau pelanggan. Empati menjadi hal yang penting dari profesi ini. Hal ini karena terkadang mereka harus berinteraksi terus-menerus dengan customer dan merasakan apa yang pelanggan rasakan.

Melakukan Uji Coba Transaksi Produk

Pekerjaan selanjutnya dari seorang CRO ini adalah melakukan uji coba transaksi produk. Seorang customer relation officer harus mengetahui bagaimana produk bisa dibeli oleh customer. Dengan demikian, ia bisa memahami customer experience sehingga bisa melakukan follow up kepada customer dengan lancar.

Baca Juga: 4 Strategi Jitu Meningkatkan Customer Experience

Memantau Kompetitor

Walaupun bukan menjadi tugas utama, seorang CRO juga bisa saja menunjang performa dengan memantau kompetitor. Analisis apa yang sedang kompetitor lakukan dan komunikasikan dengan perusahaan. Dengan begitu, perusahaan kamu tidak akan ketinggalan jaman dan bisa tetap bersaing.

Investigasi Isu

Seorang CRO juga harus melakukan investigasi isu. Ketika berkomunikasi via telepon dengan pelanggan dan mereka menyampaikan keluhannya, maka, CRO harus menginvestigasi isu tersebut dengan segera. Menjawab pertanyaan dari customer tidaklah mudah, karenanya, tugas relationship officer adalah menginvestigasi masalah tersebut untuk memberikan solusi yang memuaskan.

Nah, itu tadi 4 Pekerjaan Seorang Customer Relationship Officer yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Skill Wajib menjadi Seorang Customer Service


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar