Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Lakukan Hal ini saat Kamu Bekerja di Bawah Tekanan
Siker.id | 29 Sep 2022 13:00


Bagikan ke
Lakukan Hal ini saat Kamu Bekerja di Bawah Tekanan (siker)

siker.id - Kerja di bawah tekanan pastinya sering dialami oleh pekerja. Tekanan tersebut juga memiliki dampak yang berbeda-beda terhadap kinerja dan kesehatan mental.

Baca Juga : 3 Keuntungan Bekerja Dibawah Tekanan

Nah, berikut beberapa tips agar tetap bisa bekerja saat kamu bekerja di bawah tekanan.

1. Beristirahat sejenak

Kamu akan merasa lebih sulit untuk fokus dibandingkan biasanya ketika berada di bawah tekanan. Ketika fokusmu terganggu, tentunya kinerjamu juga juga akan menurun. Maka dari itu beristilahatlah sejenak dan manfaatkan waktu istirahat kamu untuk menenangkan diri sebelum kembali fokus pada pekerjaanmu.

2. Tetap tenang

Bekerja di bawah tekanan cenderung akan membuatmu panik dan stres. Akibatnya, kondisi ini akan berdampak pada pekerjaanmu. Ketika kamu merasakan hal ini, cobalah untuk tetap tenang. Lakukan latihan napas atau meditasi sederhana selama lima menit yang bisa kamu lakukan di sela-sela pekerjaan. Melakukan meditasi sejenak akan mengembalikan fokus, meningkatkan produktivitas, serta menurunkan tingkat stres.

Baca Juga : 4 Tanda Tidak Kuat Kerja Dibawah Tekanan

3. Ambil kontrol terhadap dirimu

Faktor penyebab stress ada yang dapat dikontrol, dan ada pula yang tidak dapat dikontrol. Akan tetapi, jika kamu memfokuskan diri pada faktor-faktor yang tidak dapat dikontrol tersebut, kamu akan merasakan tekanan yang lebih besar. Hal ini akan menyebabkan kecemasan dan akan mempengaruhi kinerja kamu. Untuk itu, fokuslah pada faktor-faktor yang memang berada di bawah kendali kamu. Misalnya, kamu mungkin tidak bisa mengatur apakah jaringan internetmu akan lancar selama bekerja, tetapi kamu bisa mengatur untuk bekerja lebih awal atau bekerja lebih cepat sehingga terhindar dari kemungkinan tersebut.

4. Pecah tugasmu menjadi tugas-tugas kecil

Bekerja di bawah tekanan kerap kali disebabkan oleh tugas-tugas yang kamu kerjakan merupakan tugas besar. Hal ini menyebabkan kamu membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan tugas tersebu dan berdampak pada tugas-tugas lainnya. Agar tugasmu tidak terasa berat, cobalah memecah tugas tersebut menjadi tugas-tugas yang lebih kecil yang lebih mudah dipecahkan. Hal ini membuatmu juga bisa melihat sejauh mana tugasmu telah terselesaikan.

Nah, itu tadi beberapa tips agar tetap bisa bekerja saat kamu bekerja di bawah tekanan.

Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga : 4 Cara Survive dari Tekanan Kerja


Reporter: Novian Dwi Prasetyo
Editor: -

     

Komentar