Anda Lulusan IT? Ini Peluang Kerjanya!
Siker.id | 05 Nov 2021 12:50


Bagikan ke
Teknik Informatika merupakan jurusan yang biasanya mempelajari penerapan logika matematika dalam pengelolaan informasi dengan menggunakan teknologi komputer sehingga menjadikan berpikir logis dan terstruktur untuk mendapatkan sebuah penyelesaian masalah. (siker)

siker.id - Teknik Informatika merupakan jurusan yang biasanya mempelajari penerapan logika matematika dalam pengelolaan informasi dengan menggunakan teknologi komputer sehingga menjadikan berpikir logis dan terstruktur untuk mendapatkan sebuah penyelesaian masalah. Untuk perkuliahan teknik informatika dalam setiap perguruan tinggi bisa berbeda, antara lain mempelajari berbagai fungsi logika, pemrograman bahasa sederhana sampai tingkat tinggi, metode numerik, teknik komputasi, jaringan komputer, dan masih banyak lagi baik yang berhubungan dengan hardware maupun software komputer. Bagi mereka yang sudah lulus dari Teknik informatika di era modern seperti sekarang ini memiliki banyak prospek kerja yang menanti mereka. Bagaimana tidak? Kemajuan teknologi membuat skill dan pengetahuan yang mereka miliki sangat dibutuhkan oleh berbagai industri. Berikut ini beberapa prospek kerja yang mungkin bisa Anda coba:

Baca juga: Apa Perbedaan Pegawai Kontrak dan Outsourcing?

1. Software Engineer

Prospek kerja favorit lulusan teknik informatika tentu saja adalah sebagai seorang Software Engineer. Pekerjaan ini diprediksi akan mengalami perkembangan hingga 17% selama 10 tahun ke depan. Pekerjaan ini mengaplikasikan prinsip-prinsip pengelolaan dan optimalisasi software. Hal itu seperti analisis teknik informatika dan matematika dalam desain, development, maintenance, hingga testing software komputer atau device lain.

2. IT Consultant

IT consultant adalah salah satu peluang karier bagi lulusan teknik informatika yang bertugas untuk menerapkan strategi teknologi informasi dalam perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi di sebuah perusahaan. Secara spesifik, IT consultant merupakan spesialis yang berfokus dalam proses integrasi teknologi informasi dalam bisnis. Meskipun terkesan menarik, pekerjaan satu ini cukup menantang.

3. Full Stack Developer

Full stack developer merupakan seorang yang bekerja dengan berbagai bidang IT. Full stack developer juga bekerja dari sisi front-end maupun back-end. Full stack developer bertanggung jawab dalam mengembangkan semua pekerjaan termasuk database, server, sistem engineering, maupun bagian dari sisi client. Untuk menjadi seorang full stack developer memang membutuhkan waktu lama karena harus menguasai konsep dari teknologi tersebut. Selain itu, Anda harus memiliki kreatifitas, pemikiran global, selalu ingin tahu, mempunyai kemampuan manajemen waktu, dan komunikasi yang baik.

4. Front End Developer

Seorang front end developer adalah programmer yang bertugas untuk mengerjakan program yang langsung dilihat oleh pengguna. Untuk menjadi seorang frontend developer, Anda harus belajar mengenai HTML, CSS, dan pemrograman JavaScript. Selain itu, untuk programmer front end yang sudah lebih lanjut, harus mampu menguasai salah satu atau berbagai macam jenis framework JS seperti React, Angular, Vue, CSS Preprocessor, dan masih banyak lagi. Kemudian anda harus menguasai responsif desain serta testing pada aplikasi.

5. Back End Developer

Seorang back end developer adalah programmer yang bertugas di bagian belakang layar. Ada banyak sekali bahasa pemrograman untuk back end developer seperti Java, PHP, Ruby, Python, JavaScript (Node.js). Back end developer akan menangani bagian data dari website termasuk server dan database. Selain itu, bagian ini akan bertugas dalam merancang sistem dan juga API.

Baca juga: Wawancara Kerja Lewat Telepon? Ini Tipsnya

6. Web Developer

Berikutnya, prospek kerja yang dapat dinantikan adalah sebagai seorang web developer. Bagi Anda yang belum tahu, web developer adalah para pakar yang memiliki spesialisasi dalam bidang pengembangan aplikasi world wide web, atau aplikasi yang dibangun pada HTTP dari sebuah web server. Lulusan teknik informatika dapat bekerja sebagai web developer secara penuh waktu atau paruh waktu dalam beberapa jenis organisasi, termasuk korporasi dan pemerintah atau sebagai freelancer.

7. Mobile Application Developer

Satu lagi prospek kerja di bidang teknik informatika adalah sebagai seorang mobile application developer. Mobile application developer bertugas untuk membuat, menguji, dan memprogram aplikasi khusus untuk smartphone di berbagai sistem operasi seperti iOS, Android, dan Windows Phone. Jika ingin menjadi mobile application developer. lulusan teknik informatika harus mempelajari bahasa pemrograman dan software development environment untuk platform yang mereka pilih.

8. Game Developer

Bagi lulusan teknik informatika yang gemar bermain game, karier sebagai game developer dapat menjadi pilihan yang baik. Game developer sendiri secara keseluruhan bekerja untuk mendesain dan membuat video game untuk komputer dan berbagai konsol, mulai dari konsep hingga eksekusi. Anda yang berkuliah di teknik informatika, sebaiknya menguasai bahasa-bahasa pemrograman utama seperti C++, Visual Basic, Java, dan MEL yang sering digunakan untuk keperluan game development.

9. Web Desainer

Perkembangan internet tidak pernah lepas dari suatu website. Untuk merancang suatu tampilan website yang mudah digunakan oleh user maka dibutuhkan seorang web desainer (Web Designer). Web Desainer bertugas dalam merancang tampilan website yang menarik dan mudah digunakan oleh user.

10. Cyber Security Analyst

Suatu sistem informasi buatan manusia tentu tidak ada yang sempurna, karena biasanya mempunyai celah keamananan atau bug. Untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan diperlukan seorang Cyber Security Analyst dengan cepat jika suatu saat ada celah. Seorang Cyber Security Analyst akan menguji sistem keamanan dan melaporkan jika ada suatu celah (vulnerability).

11. Data Scientist

Tren pekerjaan data scientiest semakin hari semakin popueler dengan adanya big data. Seorang Data Scientist tentunya bertugas dalam menganalis data untuk pengambilan suatu keputusan tertentu. Untuk menguasai data scientiest dibutuhkan banyak sekali kemampuan seperti pengolahan data dengan Hadoop, penggunaan statistik, pemrograman bahasa R/Python, dan logika yang kuat.

Sekian artikel tentang prospek kerja lulusan IT. Jika menyukai artikel ini bisa Anda bagikan pada banyak orang. Bila ada kritik dan saran bisa Anda tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Jenis Kontrak Tenaga Kerja Di Indonesia


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar