Bagaimana Prospek Kerja Lulusan Hukum?
Siker.id | 02 Nov 2021 14:50


Bagikan ke
Prospek kerja lulusan hukum bisa menjadi apa saja. (siker)

siker.id - Bagi Anda yang merupakan lulusan fakultas hukum saat ini pasti kebingungan mau bekerja dimana saat ini. Memang dunia kerja saat ini banyak sekali memberikan kualifikasi khusus dan ini membuat orang-orang lulusan hukum juga sempat keusahan dalam mencari kerja. Tetapi tenang saja, dalam artikel ini akan dirangkum prospek kerja bagi Anda yang lulus.

Baca juga : Kamu Lulusan Komunikasi? Berikut Prospek Kerjanya!

1. Pengacara/Advokat

Pengacara merupakan jasa profesi hukum yang mana membantu dalam penyelesaian sengketa, memberikan pendampingan hukum, melakukan mediasi dan arbitrasi baik di dalam persidangan maupun luar persidangan.

2. Diplomat

Seorang diplomat tentu biasanya diidentikkan dengan luar negeri, pandai atau fasih dalam berbicara dan tentunya mengerti akan aturan dan hukum ketatanegaraan dan kaidah diplomasi. Secara sederhana, seorang diplomat merupakan orang yang bekerja di Kementerian Luar Negeri dan ditempatkan di suatu negara untuk menjalankan fungsi yang terkait dengan hubungan negaranya dengan negara lain. Akan tetapi, tak semua orang yang bekerja di Kementerian Luar Negeri dan ditempatkan di luar negeri merupakan seorang Diplomat, ada juga yang menjadi seorang staff.

3. Hakim

Di dalam persidangan tentu ada seorang yang namanya Hakim. Mereka yang bertugas untuk memimpin dan memutuskan segala sesuatu di dalam persidangan yang sedang berlangsung. Bersama dengan Jaksa, Hakim menjadi komponen yang paling penting di dalam persidangan.

4. Notaris

Notaris merupakan pejabat umum yang memiliki wewenang untuk membuat akta otentik. Akta yang biasa mereka buat ialah akta pendirian perusahaan, yayasan atau bahkan yang lain masih banyak. Tidak hanya itu saja, notaris juga memiliki wewenang untuk membuat akta otentik dari suatu perjanjian, perbuatan atau bahkan dari suatu ketetapan.

5. Jaksa

Jaksa memiliki tugas untuk menyampaikan tuduhan atau dakwaan atas tuduhan untuk seseorang yang memang sudah melakukan tindak pelanggaran. Dalam hal ini, syarat menjadi seorang jaksa harus bisa menyelesaikan masa studi di jurusan S1 Ilmu Hukum. Seorang yang ingin menjadi jaksa juga harus bisa lulus seleksi panitia Rekrutmen Calon Jaksa Kejaksaan Republik Indonesia. Tentunya karena memang tugas dan tanggung jawab yang diembang itu benar dan harus bisa adil atau seimbang.

Baca juga : Bagaimana Prospek Kerja Bagi Lulusan Psikologi?

6. Dosen

Bagi yang memang gemar atau suka dengan dunia pendidikan, untuk menjadi seorang dosen bukanlah hal yang sulit. Akan tetapi, ada suatu syarat yang harus ditempuh yakni harus lulus S2 terlebih dahulu. Dalam hal ini, dosen memiliki tugas penting untuk mengajar dan mendidik mahasiswa agar bisa menjadi seorang yang beruntung. Sementara itu, salah satu kunci keberhasilan mahasiswa hukum ialah dengan rajin membaca.

7. Polisi

Seorang ilmuan hukum juga ternyata bisa memiliki profesi sebagai seorang polisi. Tidak hanya harus berkecimpung di pengadilan saja. Polisi sendiri juga masih ada kaitan dengan ilmu hukum. Adapun mungkin beberapa syarat yang harus dilewati yakni mengatur hukum dan perundang-undangan yang ada di Indonesia.

8. Panitera, Juru Sita atau Staff Administrasi

Tak melulu menjadi seorang hakim, panitera, juru sita atau staff administrasi juga menjadi salah satu pekerjaan yang mulia. Staff tersebut bekerja di Mahkamah Agung (MA).

9. Staf Kementerian

Coba saja cek lowongan pekerjaan CPNS dari pemerintah beberapa waktu lalu! Banyak Staf Kementerian yang membutuhkan pekerja lulusan jurusan Hukum. Gaji pokok seorang pegawai negeri memiliki kisaran tersendiri hingga 5 jutaan untuk golongan IV. Tentu Kamu masih akan menerima tunjangan lain-lain yang akan membuat kehidupan lebih mapan.

10. Pengusaha

Apakah hanya anak Manajemen atau Ekonomi yang berhak menjadi pengusaha? Tentu saja tidak. Lulusan Hukum juga memiliki masa depan dan peluang cerah sebagai pengusaha muda. Kamu bakal memiliki pengetahuan soal syarat membangun dan mengelola usaha agar tidak melanggar aturan hukum.

Sekian artikel tentang prospek kerja lulusan hukum. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan, dan bila ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima Kasih.

Baca juga : Lulusan Ekonomi? Inilah Prospek Kerja Kedepannya!


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar