Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
4 Cara Menghadapi Mata-Mata Di Kantor
Siker.id | 15 Jun 2022 11:30


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Di kantor, selain ada si tukang gosip, si telat berangkat, si hobi jajan. dan banyak lagi, ternyata ada mata-mata juga. Nah, si mata-mata ini tentunya lebih menyeramkan dari mereka-mereka yang suka gosip, karena bila ada sesuatu yang tidak beres atau janggal sedikit saja, dia akan segera melaporkan pada atasan.

Jika yang diadukan adalah laporan yang positif, mungkin tidak mencelakakan rejeki dan kredibilitas orang lain. Namun, bagaimana jika yang diadukan adalah hal-hal yang negatif sehingga membuat orang lain merasakan paitnya, demi keuntungan si mata-mata itu sendiri.

Bagaimana sih menghadapi orang seperti mata-mata di kantor? Simak dibawah ini.

Baca juga : 3 Cara Memulihkan Diri Dari Burnout Pekerjaan

1. Jaga Mulut

Mungkin Anda sudah tahu siapa yang jadi mata-mata di kantor. Hati-hati bicara di depan dia yang bisa dijadikan bahan aduan ke bos. Jangan sembarangan membicarakan persoalan kantor dengannya.

Apalagi obrolan yang agak sensitif, misalnya soal si bos dan manajemen. Bisa-bisa semua omongan Anda dia rekam dan dijadikan barang bukti untuk menjatuhkan Anda di depan atasan.

2. Fokus

Menghadapi rekan seperti itu, kuncinya adalah tetap fokus pada pekerjaan. Mengurusi ganggguan hanya akan membuat pekerjaan Anda keteteran. Dia menuai untung, Anda yang buntung, karena prestasi Anda turun.

Tetap bekerja secara tulus dan jujur. Sekecil apa pun kebaikan, pasti suatu saat akan terlihat. Hari ini mungkin si bos belum melihat itu karena lebih memercayai omongannya, tapi yakinlah kalau pekerjaan Anda bagus, lama-kelamaan bos akan tahu, kok.

Baca juga : 3 Cara Mengatasi Kesepian Di Tempat Kerja

3. Genjot Prestasi

Cara yang sebaiknya Anda lakukan juga adalah melakukan perbaikan diri dengan performa kerja di atas rata-rata. Kalau pekerjaan Anda biasa saja, itu bisa jadi celah buat si mata-mata untuk menjatuhkan Anda di depan bos.

Tapi, jika performa Anda bagus, dia tak punya celah untuk mencari kesalahan Anda. Si bos pasti tak akan begitu saja percaya kalau ia mengadu. Kemungkinan besar situasi malah terbalik, atasan malah akan lebih memercayai kata-kata Anda.

4. Cuek

Apa pun yang dia lakukan atau laporkan pada atasan, jangan diambil hati. Apalagi sampai mengajaknya konfrontasi. Urusannya malah ribet.

Atasan juga akan menilai Anda kekanak-kanakan. Sebaliknya, bersikap masa bodoh saja. Toh, lama-kelamaan kalau aksinya tidak mendapat reaksi apa-apa dari Anda, dia akan capek dan kemudian berhenti sendiri.

Nah, itulah dia beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika menghadapi seorang mata-mata di kantor, selain itu Anda juga harus tetap positive thinking agar tidak mengganggu pekerjaan Anda. 

Sekian artikel ini, semoga membantu. Terima kasih.

Baca juga : 3 Cara Atasi Perasaan Sensitif


Editor: Maya Indra Purnamasari -

     

Komentar