3 Cara Atasi Perasaan Sensitif
Siker.id | 14 Jun 2022 16:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Setiap orang memiliki perasaan dan emosi yang berbeda-beda. Ternyata, beberapa orang memang terlahir dengan perasaan yang lebih sensitif dari kebanyakan individu. Otak individu yang sensitif memiliki insula yang sangat aktif, nah insula sendiri merupakan bagian otak yang berkaitan dengan persepsi terhadap hal-hal sekitar.

Orang-orang yang terlalu sensitif ini ternyata rentan mengalami masalah mental, sebab mereka seringkali kewalahan dengan perasaan mereka sendiri. Kondisi seperti ini bisa Anda hadapi dan atasi dengan melakukan beberapa langkah.

Nah, berikut ini adalah cara yang bisa Anda lakukan dan terapkan untuk mengatasi perasaan yang sensitif.

Baca juga : 3 Tips Atasi Stres Berat akibat Kehilangan Pekerjaan

1. Memahami apa yang sedang Anda rasakan

Cobalah untuk mengenali perasaan apa yang sedang Anda rasakan ketika suatu masalah, konflik, atau pemicu stres apapun muncul. Mengenali dan menamai jenis emosi yang dirasakan, serta memahami apa pemicunya, dapat membantu Anda mengambil langkah selanjutnya untuk mengatasi emosi yang Anda alami.

2. Hindari mengkritik perasaan Anda sendiri

Satu hal yang perlu Anda pahami adalah emosi atau perasaan apapun tidak dapat dihilangkan sama sekali. Setiap orang pasti akan merasakan emosi jenis apapun, baik marah ataupun sedih.

Apabila Anda tidak mencoba mengenali perasaan yang dialami dan malah “menyingkirkan” bentuk emosi yang ada, Anda akan terbiasa berpikir bahwa merasakan marah dan sedih adalah bentuk kegagalan. Nyatanya, cara ini malah tidak membantu Anda mengatasi perasaan sensitif yang Anda rasakan.

Baca juga : 4 Tips Atasi Stres saat Perjalanan ke Kantor

3. Menentukan langkah yang harus diambil

Jika perasaan Anda tersakiti oleh seorang teman atau anggota keluarga, Anda mungkin akan merasa marah dan dendam bila tidak membicarakan masalah tersebut ke orang yang bersangkutan. Pada kondisi ini, Anda dapat membicarakan masalah dengan baik-baik, dan tentunya dalam kondisi yang lebih tenang.

Anda juga dapat melakukan kegiatan positif untuk mengalihkan pikiran Anda terlebih dahulu. Ketika pikiran Anda teralih, Anda akan merasa lebih tenang, sehingga dapat melihat masalah dari perspektif yang baru.

Demikian di atas tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan dan terapkan untuk mengatasi perasaan sensitif, semoga membantu ya!

Sekian artikel ini, jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Cara Kerja Untuk Generasi Milenial


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar
Pencarian