Begini Etika Dalam Penggunaan Fasilitas Kantor
Siker.id | 22 Nov 2021 13:30


Bagikan ke
Penggunaan fasilitas kantor yang tepat mampu membuat produktifitas kerja semakin meningkat. (siker)

siker.id - Fasilitas kantor pada dasarnya merupakan hak pegawai yang digunakan untuk menunjang kinerja pegawai tersebut. Dalam pemakaian fasilitas kantor tentunya ada aturan dan etika yang harus dijaga. Jangan karena semua biaya ditanggung oleh kantor, maka dengan seenaknya Anda memakai fasilitas kantor tersebut. Berikut beberapa etika penggunaan fasilitas-fasilitas kantor yag sering digunakan oleh karyawan :

Baca juga: Berikut Olah Raga Ringan yang Bisa Dipraktekkan di Kantor

1. Email

Perusahaan biasanya memberikan email kepada setiap karyawannya dengan domain perusahaan. Tentu saja dengan alasan agar setiap urusan pekerjaan yang harus dikomunikasikan melalui email berdomain perusahaan akan memberikan kesan professional bagi klien atau business partner. Gunakan fasilitas email kantor hanya untuk kepentingan kantor. Menggunakannya untuk kepentingan pribadi yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan pekerjaan hanya akan jadi bumerang untuk Anda nantinya.

2. Internet

Sudah sangat lazim bagi beberapa perusahaan untuk memberlakukan kebijakan yang menutup akses Internet karyawan mereka terhadap situs-situs tertentu. Produktifitas yang terganggu seringkali jadi alasan perusahaan untuk menutup akses karyawan. Bayangkan kerugian yang ditanggung perusahaan. Bagaimana dengan fasilitas download? Bila pekerjaan membutuhkan sesuatu yang harus diunduh biasanya seorang administrator atau bagian IT akan melakukannya untuk Anda. Fasilitas unduh dibatasi karena ancaman virus yang tanpa disadari bisa saja menginfeksi komputer karyawan tanpa sengaja.

3. Telepon

Telepon kantor merupakan sarana yang penting bagi karyawan. Oleh karenanya tidak heran jika hampir di setiap meja karyawan terdapat telepon. Gunakan telepon kantor dengan bijaksana, kalau hanya untuk menyapa anak atau untuk menyelesaikan urusan mendadak yang penting masih dapat dimaklumi.

Baca juga: Tingkatkan Produktivitas Karyawan dengan Tips Ini

4. Printer dan Kertas

Penggunaan printer dan kertas kantor untuk kepentingan pribadi cukup banyak ditemui. Cukup sulit mengontrol kasus tersebut. Jika punya kepentingan yang memang mendesak atau printer milik pribadi di rumah sedang rusak, sesekali wajar menggunakan printer milik kantor. Tapi jika untuk bisnis pribadi, sebaiknya Anda menggunakan inventaris sendiri agar tidak merugikan perusahaan tempat Anda bejerja.

5. Laptop

Sering terpaksa membawa pulang pekerjaan? Tak masalah selama Anda tetap memperhatikan keseimbangan kehidupan pribadi. Tapi, hati-hati apabila harus membawa fasilitas kantor, seperti laptop. Jangan pula gunakan fasilitas tersebut untuk kegiatan di luar pekerjaan. Karena kalau sampai rusak, Anda bisa diminta mempertanggungjawabkannya.

6. Mobil

Sejumlah perusahaan biasanya memberikan benefit atau tunjangan transportasi untuk karyawannya. Bisa berupa voucher taksi, mobil antar jemput beserta sopir, atau bahkan pinjaman mobil dinas--yang biasanya menjadi privilege karyawan dengan jabatan tertentu. Tunjangan transport seperti mobil kantor biasanya dijadikan fasilitas bagi karyawan yang memang membutuhkan mobilitas tinggi untuk mengerjakan tugas-tugas penting. Jika memang penting dan tidak megganggu pekerjaan kantor, Anda boleh sesekali menggunakan kendaraan ini untuk kebutuhan pribadi. Akan tetapi Anda juga harus hati-hati saat mengemudikan mengingat mobil merupakan fasilitas mahal.

Sekian artikel tentang etika menggunakan fasilitas kantor. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tips Bertahan Dari Tekanan Pekerjaan


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar