Berikut Tips Mengatasi Rasa Jenuh di Kantor
Siker.id | 13 Dec 2021 12:50


Bagikan ke
Tips mengatasi rasa jenuh di kantor. (siker)

siker.id - Apapun kegiatan yang kita lakukan pasti rasa bosan pernah menghampiri, termasuk saat bekerja. Namun daripada Anda terus memaksakan diri untuk terus bekerja ketika bosan atau jenuh, ada baiknya Anda melakukan hal-hal yang bisa mengatasi perasaan bosan tersebut. Berikut ini ada tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bosan atau jenuh di tempat kerja!

Baca juga: Berikut Beberapa Kelebihan Kerja di Kantor

1. Luangkan Waktu untuk Rehat Sejenak

Kadangkala terlalu fokus bekerja membuat Anda lupa waktu. Tentunya hal itu tidaklah baik. Sebab, jika Anda memaksakan otak untuk terus bekerja bahkan di saat pikiran sudah jenuh, maka akibatnya produktivitas akan menurun. Ketika Anda lelah, luangkan waktu untuk rehat sejenak minimal 30 menit saja. Pergilah ke luar, duduk di taman dan hirup udara segar. Jangan lupa minum air putih dan makanlah sesuatu. Dengan begitu semangat Anda bisa tumbuh kembali.

2. Lakukan Sesuatu yang Menyenangkan Saat Bekerja

Cara menghilangkan kejenuhan dalam bekerja selanjutnya yakni dengan mencoba melakukan aktivitas yang menyenangkan.Misalnya saja, Anda bisa bekerja sambil mendengarkan musik atau sambil ngemil. Jika pekerjaan Anda cukup santai, Anda bisa menyelingi dengan main game atau nonton film. Namun, bila aktivitas tersebut menganggu kosentrasi Anda, maka jangan dilakukan. Hal ini kembali bergantung pada kebiasaan Anda.

3. Ajak Teman Kerja untuk Curhat

Rasa tidak nyaman di tempat kerja bisa saja muncul karena kondisi hubungan keluarga yang sedang tidak harmonis. Apapun yang membuat Anda menjadi bosan dan jenuh tersebut, cobalah cari teman untuk bertukar pikiran. Jika ada reka kerja yang Anda percaya dan nyaman dengannya, mintalah untuk mendengar keluh kesah yang sedang Anda rasakan. Dengan bercerita kepada orang lain, keluh kesah yang ada di dalam hati pun bisa terlampiaskan dan membuat sedikit lebih lega. Apalagi kalau teman itu memberikan solusi terbaik atas ketidaknyamanan yang sedang menimpa Anda.

Baca juga: Bagaimana Meningkatkan Percaya Diri di Kantor?

4. Tidur yang Cukup

Sadar atau tidak, rasa tidak nyaman juga bisa muncul akibat beban kerja yang ditanggung terlalu berat, sehingga Anda merasa lelah. Jika sudah lelah, hasil kerja pun juga tidak lagi maksimal, dan rasa khawatir pun muncul karena besar kemungkinan atasan akan menegur Anda di saat yang bersamaan. Bekerja dalam kondisi lelah memang tidaklah bagus. Untuk itu, istirahatlah dengan cukup setiap harinya. Untuk bisa beristirahat dengan baik, maka tidurlah dalam jumlah yang cukup. Jangan sampai kurang tidur atau justru tidur Anda tidak berkualitas, karena bisa membuat merasa kelelahan di sepanjang harinya.

5. Mendengarkan Musik

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bosan ketika kerja adalah dengan mendengarkan musik. Memang bukan hal yang baru lagi jika ada sebagian orang yang bisa lebih berkonsentrasi dan fokus ketika mendengarkan musik saat bekerja, namun jika tempat kerjamu melarang hal itu, Anda bisa melakukannya saat jam istirahat. Jadi Anda bisa terhibur dan tetap aktif bekerja.

6. Menghubungi Sahabat atau Keluarga

Cara terakhir adalah dengan menghubungi sahabat atau keluarga. Ketika jenuh dan bosan menghampiri ketika bekerja, coba untuk istirahat sejenak dan kirimlah pesan pada orang terdekat Anda. Karena percaya atau tidak, komunikasi dengan orang yang kita sayangi dapat memberikan kita semangat dan menaikkan mood.

Sekian artikel tentang tips mengatasi rasa jenuh dikantor. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Bagaimana Mengatasi Beban Kerja Berlebihan di Kantor?


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar