Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Beberapa Kelebihan Kerja di Kantor
Siker.id | 06 Dec 2021 17:00


Bagikan ke
Banyak orang memilih bekerja dikantoran karena faktor jam kerja yang transparan dan tidak terlalu menyita waktu bekerja, berbeda dengan jam kantor lapangan. (siker)

siker.id - Lulus kuliah dan kerja kantoran di perusahaan ternama bisa jadi impian banyak orang. Memakai baju rapi, keluar dari gedung perkantoran rasanya keren, terlebih bisa bikin orang tua bangga. Bayangan ruangan dengan meja dan bilik-bilik tempat kerja pasti langsung ada di benak Anda, kalau bahas tentang kerja kantoran. Terlepas dari apa pun posisi dan jabatan Anda, ada beberapa kelebihan yang secara umum dialami oleh semua yang kerja kantoran. Apa saja itu?

Baca juga: Bagaimana Meningkatkan Percaya Diri di Kantor?

1. Manajemen Waktu Teratur

Salah satu hal paling bermanfaat yang diajarkan oleh lingkungan kantor kepada Anda adalah manajemen waktu. Kantor memiliki jam tetap untuk bekerja, makan siang, dan coffee break. Begitu Anda menjadi karyawan salah satu perusahaan, maka karyawan akan mendapatkan jadwal kerjanya. Perlahan pikiran Anda akan mulai berproses sesuai dengan jam kerja yang diatur sehingga Anda akan belajar tentang menjaga ketepatan waktu.

2. Bekerja dalam Tim

Menjadi bagian dari sebuah proyek perusahaan bersama dengan tim akan meningkatkan kreativitas Anda, serta mengembangkan keterampilan kolaboratif dan sosial. Di kantor, Anda dapat berinteraksi dan bekerja berdampingan dengan rekan kerja yang lain, hal ini bisa membantu Anda menjauh dari rutinitas kerja yang statis.

3. Mengasah Komunikasi Interpersonal dan Intrapersonal

Namanya kerja kantoran, pasti akan berhubungan dengan banyak orang, baik itu anggota divisi, divisi lain, sampai jajaran manajerial, dan klien. Secara tidak langsung, pasti kemampuan interpersonal Anda akan terlatih dengan kerja kantoran yang dijalani. Selain interpersonal, kerja kantoran akan mengasah kemampuan intrapersonal juga. Anda bisa lebih memahami diri sendiri, bagaimana cara kerja terbaik yang sesuai dengan dirimu, serta bagaimana sebaiknya menyikapi suatu keadaan tertentu.

Baca juga: Bagaimana Mengatasi Beban Kerja Berlebihan di Kantor?

4. Mengerti Seluk Beluk Bisnis

Sisi plus lainnya dari kerja kantoran adalah dari segi bisnis perusahaan tempat Anda bekerja. Karena Anda terlibat langsung di dalamnya, tentunya akan lebih memahami seluk beluk bidang tersebut. Berada pada satu ranah tertentu saat kerja kantoran tentunya membuat networking-mu semakin baik dan luas, memberikan akses buat Anda belajar lebih banyak lagi.

5. Membangun Link dan Relasi Baru

Tenggelam dalam rutinitas kerja sehari-hari dengan banyak orang di sekitar dapat bermanfaat bagi Anda di masa depan. Sebab, hal tersebut memungkinkan Anda untuk memperoleh relasi baru yang dapat membantu Anda dalam jangka panjang menemukan peluang kerja baru. Selain itu, berinteraksi dengan profesional lain di kantor dapat menguntungkan Anda ketika ingin membangun bisnis baru atau membuat proyek pribadi.

6. Mendapat Tempat Kerja Khusus

Berbeda orang, berbeda pula tipe kerja dan lingkungan kerjanya. Kalau pada saat bekerja Anda senang bekerja tenang dan berkonsentrasi dalam “ruang lingkup”mu sendiri, kerja kantoran tentunya menyuguhkan nilai plus. Kerja kantoran berarti Anda memiliki space sendiri, tempat komputer atau laptop, buku, dan alat-alat tulis diletakkan. Anda akan lebih mudah mencari barang dan menatanya, karena tempat itu adalah milik sendiri.

Sekian artikel tentang kelebihan kerja kantoran. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Begini Etika Dalam Penggunaan Fasilitas Kantor


Editor: Theo Adi -

     

TAG :

Komentar