Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
5 Tips Mengatasi Krisis di Kantor
Siker.id | 24 Jan 2022 12:30


Bagikan ke
Mengatasi krisis di kantor. (siker)

siker.id - Menangani krisis di tempat kerja adalah tanggung jawab yang tak terucapkan dan harus menjadi tanggung jawab setiap karyawan. Terlepas dari posisi saat ini, akan ada saat-saat tertentu di kantor ketika ada yang tampak berjalan dengan tidak semestinya dan Anda akan ditanyai oleh otoritas yang lebih tinggi. Pada saat seperti itu, kebanyakan orang menjadi stres dan merasa kebingungan. Berikut ini beberapa kiat bagaimana melewati masa-masa sulit seperti itu di kantor.

Baca juga: Berikut 5 Tips Mengatasi Stres Akibat Tekanan Kerja

Analisis akar penyebabnya

Setelah krisis berlalu, penting untuk belajar darinya. Analisis krisis dan identifikasi akar penyebabnya. Pastikan Anda mencegah akar masalah terulang kembali. Jika memungkinkan, bagikan pengalaman dan pembelajaran Anda dengan kolega lain dan buat mereka sadar tentang bagaimana mereka dapat menghindari masalah semacam itu di masa depan.

Jangan panik

Ini mungkin tampak sangat jelas, tetapi orang sering lupa pentingnya bersikap berkepala dingin selama krisis. Ketegangan dan stres seperti reaksi langsung terhadap krisis. Jadi, luangkan waktu sejenak untuk menenangkan diri. Ingatlah ini bukanlah akhir dari segalanya. Bersikaplah optimis dan katakan pada diri sendiri bahwa Anda bisa melalui ini. Rasa takut adalah reaksi lain terhadap krisis yang perlu dihilangkan.

Bertanggung jawab

Sikap dan keandalan sejati seseorang keluar hanya selama situasi kritis. Sangat penting bagi Anda untuk bangkit dan bertanggung jawab atas sebuah tindakan. Menyalahkan orang lain tidak akan membawa kita jadi lebih baik, justru sebaliknya. Jika kesalahan Anda yang menyebabkan krisis, pahami kesalahan tersebut dan coba perbaiki. Jangan lari dari masalah. Dan jika itu adalah kesalahan bawahan, pastikan Anda membuatnya sadar akan kesalahan tersebut dengan cara yang efektif.

Baca juga: 5 Tips Membuat Portofolio Kerja yang Baik

Temukan solusi cepat

Sekarang, setelah krisis benar-benar terjadi, Anda perlu menetapkan prioritas dengan benar. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengurangi kerusakan akibat krisis. Pikirkan solusi cepat atau solusi sementara untuk memperbaiki masalah. Pastikan Anda menerapkan mekanisme kontrol kerusakan segera dan mencegah bisnis terpengaruh lebih jauh.

Merger

Sah saja jika suatu perusahaan melakukan merger dengan perusahaan lain. Adakalanya bila hal itu terjadi maka dilakukan pengurangan jumlah karyawan namun ada juga yang tidak. Sesuai dengan kondisi dan kebutuhan perusahaan saja. Anda terlebih dahulu harus tahu trade record dari perusahaan yang bakal merger dengan perusahaan Anda. Jangan sampai bergabungnya dua perusahaan tersebut malah menambah masalah saja.

Sekian artikel tentang tips menghadapi krisis di kantor. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 5 Ciri Lingkungan Kerja yang Positif


Editor: Theo Adi -

     

Komentar