Berikut Kebiasaan Orang jepang yang Bisa Kita Tiru
Siker.id | 18 Jan 2022 11:00


Bagikan ke
Kebiasaan orang Jepang yang bisa kita tiru. (siker)

siker.id - Jepang terkenal sebagai negara yang maju dan sukses dalam banyak hal. Negara Jepang merupakan salah satu pusat teknologi dunia, mereka menyumbang berbagai ilmu pengetahuan yang handal bagi manusia. Dan ternyata, Jepang memiliki tingkat perekonomian terbaik se-Asia Timur. Orang Jepang bisa sukses bukan tanpa tantangan, ada banyak sekali tantangan yang selama ini berhasil dilalui oleh masyarakat Jepang. Sebut saja Tsunami yang melibas negeri Matahari ini di tahun 2011 silam. Peristiwa tersebut sempat mengakibatkan perekonomian Jepang goyah. Tapi tak perlu waktu lama bagi Jepang untuk kembali menjadi negara superior. Berikut ini kebiasaan orang Jepang yang bisa kita tiru!

Baca juga: Berikut Tips Meraih Sukses Usia Muda

Tipe Pekerja Keras

Jepang diakui menjadi negara yang pekerja keras di segala bidang kehidupan. Berangkat pagi pulang larut malam. Itulah orang Jepang. Mereka menghabiskan hari-harinya untuk bekerja dan terus bekerja. Bahkan, hari libur sekalipun mereka gunakan untuk bekerja. Jadi, tidak heran kalau Jepang berhasil menjadi negara maju karena memang orang-orang yang tinggal di sana juga sangat gigih dalam bekerja.

Time is Money

Waktu yang dimiliki tidak digunakan untuk hal-hal yang tidak berguna, tetapi digunakan untuk melakukan aktivitas yang menghasilkan uang. Satu menit saja sangat berguna untuk menyelesaikan hal kecil, apalagi dua puluh menit. Saking berharganya waktu, orang Jepang bisa makan dalam waktu lima menit saja.

Hidup Mandiri

Kemandirian orang Jepang memang pantas diacungi jempol. Sifat mandiri sudah dilatih sejak dini hingga dewasa. Mereka mampu untuk menangani masalahnya sendiri, tanpa melibatkan orang lain. Anak sekolah dasar di Jepang bahkan sudah disuruh belajar sendiri untuk memahami suatu materi. Kemandirian yang diajarkan di Jepang bisa dibilang “sedikit” ekstrem. Namun, sangat bagus untuk menumbuhkan dedikasi dan integritas tinggi dalam menjalani hidup.

Baca juga: Inilah 5 Cara Menjadi Orang Sukses!

Budaya Rasa Malu yang Tinggi

Rahasia sukses orang Jepang berikutnya adalah budaya rasa malu yang tinggi. Orang Jepang akan sangat malu bila gagal melakukan tugasnya. Bahkan dulu banyak orang Jepang yang melakukan tradisi harakiri, yaitu memilih untuk bunuh diri karena gagal dalam tugas. Budaya rasa malu yang tinggi ini membuat orang Jepang menghukum dirinya sendiri saat gagal atau tidak punya prestasi dalam bekerja. Para pejabat di Jepang yang terindikasi melakukan korupsi atau melakukan kelalaian dalam tugas akan memilih untuk mengundurkan diri.

Pantang Menyerah Sesulit Apapun Tantangan

Kita semua tahu bagaimana hancurnya negara Jepang ketika dua kota penting mereka, Hiroshima dan Nagasaki, diluluh-lantakkan oleh bom atom. Kerusakan infrastruktur yang begitu parah telah menghentikan semua kegiatan ekonomi dan politik di negara ini. Selain itu musibah Tsunami yang terjadi tahun 2011 silam juga merupakan pukulan keras bagi negara Jepang. Namun, semua tantangan tersebut mereka lalui dengan baik. Dan hasilnya Jepang hari ini menjadi negara super power yang mendominasi perekonomian dunia.

Sekian artikel tentang kebiasaan orang Jepang yang bisa kita tiru. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 5 Kebiasaan yang Membuat Tidak Bisa Sukses


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar