icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Kamu Introvert atau Ekstrovert? Ketahui 4 Pilihan Karir ini!
Siker.id | 15 Mar 2023 15:00


Bagikan ke
Ilustrasi Pemilihan Karir (siker.id/dok. Canva)

siker.id - Kepribadian ekstrovert dan introvert merupakan tipe kepribadian yang paling umum dan dikenal oleh banyak orang. Keduanya sangat bertolak belakang yang dapat dibedakan dari cara introvert yang mengisi energi mereka dengan menyendiri sedangkan seorang ekstrovert perlu bertemu dengan banyak orang. Dengan kepribadian yang dmiliki, penting untuk memiliki pekerjaan yang cocok. Berikut adalah karir pilihan bagi ekstrovert:

Baca juga: 4 Ciri Impostor Syndrome; Tak Bisa Hargai Pencapaian

1. Public Relation

Bekerja di bidang PR mewajibkan kamu untuk bisa berkomunikasi dan berinteraksi dengan banyak orang karena jobdesc ini menuntut seseorang untuk bisa membentuk public image dan juga relasi yang baik.

2. Sales

Bekerja menjadi sales diwajibkan untuk harus memiliki kemampuan mempersuasi orang lain dengan tujuan meningkatkan penjualan. Selain itu, kamu juga harus memiliki product knowledge dari produk yang akan ditawarkan.

3. Event Planner

Bekerja di bidang event planner tidak mudah karena mereka harus bisa berdiskusi dengan klien, berkomunikasi dengan vendor atau memanajemen venue acara. Mereka juga harus memiliki kemampuan negosiasi yang baik.

4. People development

Posisi ini mewajibkan untuk menggunakan social skill untuk bisa berkomunikasi dengan orang-orang baru dari berbagai macam karakter serta kepribadian.

Baca juga: Tidak Selalu Negatif, Ini Manfaat Jika Kamu Ambisius!

Sedangkan bagi seorang introvert, bekerja dikelilingi banyak orang dapat menguras banyak tenaga. Berikut adalah karir pilihan bagi introvert:

1. Content Editor

Menjadi content editor memerlukan ketenangan dan tidak perlu terlalu sering berinteraksi dengan banyak orang. Pekerjaan ini juga bisa dilakukan dari mana saja termasuk dari rumah. Hal itulah yang menjadikan content editor sebagai salah satu pekerjaan yang cocok bagi introvert.

2. Graphic Designer

Seorang graphic designer biasanya membutuhkan waktu secara privat untuk bisa memunculkan ide-ide dan kebanyakan kerjanya dilakukan secara remote. Hal tersebut mendukung agar bisa tetap fokus dan tidak mudah terdistraksi.

3. Programmer

Menjadi seorang programmer akan terbiasa untuk duduk berjam-jam sepanjang hari didepan monitor sambil mencari solusi untuk sistem perangkat lunaknya. Pekerjaan ini akan mendukung introvert karena dapat dilakukan dari rumah dan tidak perlu berinteraksi dengan banyak orang.

4. Research Analyst

Tugas seorang research analyst adalah menganalisis sumber dan menyiapkan soal rencana pengkajian. Pekerjaan ini cocok dengan para introvert karena suka mengkaji hal baru dapat dikerjakan secara mandiri tanpa perlu secara berkelompok.

Itu dia beberapa pilihan karir bagi ekstrovert dan introvert. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat!

Baca juga: Fakta Unik FOMO: Kecenderungan Takut Tertinggal


Editor: Devieda Putri Hidayat -

     

Komentar