Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Fakta Unik FOMO: Kecenderungan Takut Tertinggal
Siker.id | 06 Mar 2023 15:00


Bagikan ke
Ilustrasi FOMO (siker.id/dok. Canva)

siker.id - Fenomena FOMO sangat rentan terjadi di era serba digital seperti sekarang ini. FOMO adalah singkatan dari Fear of Missing Out yang menggambarkan suatu kondisi dimana individu mengalami perasaan takut tertinggal akan segala hal yang dimiliki orang lain atau banyak orang. FOMO menyebabkan individu mengalami perasaan takut yang mendalam apabila tidak bisa menikmati, merasakan atau memiliki hal yang dimiliki orang lain. Individu yang memiliki kecenderungan mengalami FOMO adalah individu yang terlalu sering bermain media sosial dan memiliki tingkat kepuasan psikologis yang rendah. Individu yang memiliki riwayat depresi atau anxiety juga lebih rentan mengalami gejala FOMO. Adapun ciri-ciri FOMO yang harus diwaspadai:

Baca juga: Fresh Graduate Wajib Tahu Mitos-Mitos Ini dalam Dunia Kerja

1. Kecanduan gadget dan media sosial

Kecanduan bermain gadget dan membuka media sosial bisa menjadi pertanda bahwa kamu mulai terjebak FOMO. Biasanya diikut dengan perasaan membanding-bandingkan kehidupan sendiri dengan kehidupan orang lain.

2. Rasa penasaran yang tinggi dengan kehidupan orang lain

Mulai dari tempat yang biasa dikunjungi saat hangout, makanan apa yang dimakan, posisi lagi dimana hingga berbagai aspek kehidupan lainnya.

3. Wajib mengikuti tren

Kamu merasa mengikuti tren adalah hal yang wajib karena kalau tidak, kamu akan merasa ketinggalan zaman.

Baca juga: Terbiasa Bohong? Waspadai Mythomania!

Fakta uniknya, FOMO dapat dikategorikan hal yang wajar jika individu tersebut mampu untuk mengelola dan mengendalikan hal yang dilihat di media sosial menjadi sebuah motivasi untuk lebih baik. Contohnya kamu melihat postingan teman yang rajin bekerja, maka kamu juga akan rajin bekerja. Jika yang dihasilkan baik, FOMO akan menjadi kesempatan untuk mendorong diri lebih produktif. Namun, FOMO juga rentan dengan hal negatif seperti menimbulkan rasa tidak percaya diri, konsumtif hingga mempengaruhi kondisi mental dan fisik. Agar terhindar dari FOMO, kamu bisa membatasi penggunaan media sosial dan mencoba menikmati apa yang sudah kamu punya. Fokuslah dengan apa yang dimiliki dirimu sendiri dan pahami bahwa kamu tidak harus menjalani kehidupan yang dimiliki orang lain. Kunci dalam menyikapi FOMO adalah dengan menghargai diri sendiri, menerima diri apa adanya dan apresiasi pencapaian sekecil apapun. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat!

Baca juga: Punya Mentor Dalam Berkarir? Emang Penting?


Editor: Devieda Putri Hidayat -

     

TAG :

Komentar
Pencarian