Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Anda Introvert? Berikut Ini Pekerjaan Yang Cocok!
Siker.id | 03 Dec 2021 21:15


Bagikan ke
Introvert tidak selalu identik dengan sifat pendiam, karena introvert selalu berkaitan dengan suasana dan lingkungan. (siker)

siker.id - Semua orang punya kesempatan untuk memiliki pekerjaan yang baik dan meraih sukses. Menjadi sukses tak melulu harus punya kepribadian yang ramah dan senang bergaul. Orang introvert juga memiliki beberapa kualitas diri yang bisa diunggulkan. Dan tidak selalu kelemahan yang dianggap stigma para introvert seperti pemalu, pendiam, atau penyendiri itu menghambat mereka untuk berhasil. Karena jika dipikir-pikir, banyak juga pekerjaan yang cocok untuk introvert karena mereka memang dibutuhkan di dalamnya. Penasaran apa saja? Mari simak daftarnya berikut ini!

Baca juga: Prospek Pekerjaan Prodi Teknik Sipil, Selengkapnya

1. Konselor atau Terapis

Bekerja sebagai terapis atau konselor membutuhkan pemikiran yang mendalam, kemampuan mendengar yang baik dan empatik, serta fokus pada satu orang. Banyak introvert yang berhasil menjalankan profesinya menangani pasien dengan depresi, gangguan kecemasan, atau kondisi seperti autisme, ADD, dan ADHD.

2. Interior Designer

Profesi ini cocok bagi orang yang kreatif dengan visi besar. Interior designer berfokus mengedepankan estetika ruangan atau bangunan dan memungkinkan Anda bekerja dengan individu atau tim kecil.

3. Peneliti

Penelitian ilmiah membutuhkan perencanaan metodologis dan analisis mendalam, serta berjam-jam berkutat dalam laboratorium atau di universitas. Ini menjadi gambaran karier yang sempurna bagi para introvert yang suka menggali data untuk waktu yang lama. Bidang ini cocok untuk mereka yang suka bekerja sendiri atau dalam kelompok kecil ketimbang menjadi bagian dari tim besar yang sibuk dan ramai.

4. Video Editor

Seorang video editor cenderung akan berhubungan dengan banyak komponen non-fisik seperti gambar, tulisan, dan special effects. Tak hanya itu, editor video juga biasanya butuh orang-orang yang berpikir out of the box. Bagi Anda yang introvert dan kreatif, video editor merupakan profesi yang cocok bagimu, karena pekerjaan ini tidak membutuhkan terlalu banyak interaksi dengan orang lain dan membutuhkan ketenangan saat bekerja.

Baca juga: Berikut Daftar Pekerjaan Yang Tidak Melihat Pendidikan

5. Front End/Back End Engineer

Anda yang sebagai introvert yang menyukai bidang IT harus bangga karena profesi front end dan back end engineer akan cocok sekali untuk mengembangkan potensi dan karir.

6. Arsitek

Seperti halnya mekanik, arsitek membutuhkan kemampuan pengamatan yang tinggi, di samping mampu melihat dan menyusun sesuatu secara estetik. Maka dari itu, arsitek adalah salah satu pekerjaan yang cocok untuk orang introvert dan menyukai perancangan dan seni. Sebetulnya, tidak semua arsitek adalah introvert, tetapi kemampuan khusus introvert seperti pengamatan dan pemikiran mendalam dibutuhkan oleh arsitek.

7. Admin

Pekerjaan seorang admin akan lebih mudah untuk dikerjakan tanpa bantuan orang lain. Sebab, pekerjaan yang satu ini berhubungan dengan administrasi. Padahal, berbagai hal yang menyangkut administrasi akan lebih cepat selesai apabila dikerjakan oleh satu orang saja. Maka dari itu, pekerjaan menjadi seorang admin pun tepat bagi mereka yang memiliki kepribadian introvert.

8. Akuntan

Seorang akuntan akan lebih bebas dan fokus untuk bekerja sendiri. Sebab, deretan angka dan laporan keuangan pun merupakan suatu hal yang tak bisa lepas dari pekerjaan ini. Saat melakukan interaksi, risiko untuk membuat kesalahan saat berhitung pun menjadi semakin tinggi. Maka dari itu, pekerjaan untuk introvert yang satu ini memang tepat dikerjakan seorang diri.

Sekian artikel tentang pekerjaan yang cocok untuk introvert. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Prospek Pekerjaan Prodi Pendidikan Pariwisata, Selengkapnya


Editor: Theo Adi -

     

Komentar