icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Pahami 4 Pekerjaan Seorang Brand Manager Ini!
Siker.id | 24 Nov 2022 15:05


Bagikan ke
Pekerjaan seorang brand manager (siker)

siker.id – Setiap perusahaan pada dasarnya ingin memiliki brand yang mampu dikenal luas oleh para konsumen dan pelanggan mereka.

Tentu untuk membuat hal tersebut terjadi dibutuhkan pekerjaan dari beberapa pihak.

Salah satu pihak yang berkaitan dengan hal ini adalah brand manager (BM). Siapa itu manajer brand?

Dilansir dari laman socialmediamarketer, seorang brand manager ini bertanggung jawab untuk menjaga citra keseluruhan produk atau perusahaan.

Tugas utama dari pekerjaan ini ialah meneliti pasar untuk menentukan target pasar dan mengembangkan strategi pemasaran.

Nah, lalu apa saja pekerjaan lain seorang brand manager? Begini penjelasannya, sobat siker!

Baca Juga: Minat Jadi Seorang Brand Ambassador? Pahami Ini!

Pekerjaan Seorang Brand Manager

Dilansir dari laman cakeresume, berikut beberapa pekerjaan seorang brand manager antara lain:

1. Melindungi Brand atau Merek

Pekerjaan pertama adalah melindungi brand atau merek.

Seorang manajer merek bertugas menjaga merek serta bertanggung jawab untuk memastikan bahwa produk maupun lini produk, serta layanan yang termasuk dalam merek dagang perusahaan tersebut dapat beresonansi dengan para pelanggan setia maupun calon pelanggan.

2. Fokus pada Konsumen

Pekerjaan lain seorang brand manager ialah fokus pada konsumen.

Brand manager sebaiknya dapat memanfaatkan riset konsumen dan memantau tren pasar.

Untuk itu, memahami target pasar dan juga target pasar potensial adalah kuncinya.

Baca Juga: Ingin Jadi Seorang Brand Manager? Ini Caranya!

3. Bekerja Sama dengan Berbagai Bidang dalam Perusahaan

Pekerjaan selanjutnya adalah bekerja sama dengan berbagai bidang dalam perusahaan.

Seorang brand manager sebaiknya memiliki kemampuan dalam berkomunikasi dan bekerja dengan berbagai macam departemen, seperti departemen pemasaran untuk memastikan dengan tepat setiap aspek dari strategi merek.

Selain itu, mereka juga perlu menjalin kerja sama dengan departemen lain seperti departemen keuangan, departemen komunikasi pemasaran, departemen penjualan, departemen pengembangan produk.

4. Berkoordinasi dengan Berbagai Biro atau Agensi Pemasaran

Pekerjaan yang tak kalah penting adalah berkoordinasi dengan berbagai biro atau agensi pemasaran.

Ketika berkoordinasi dengan agensi pemasaran (marketing) dan periklanan, brand manager memastikan bahwa agen pemasaran dapat menghormati tujuan dan pedoman merek di setiap komunikasi dalam proses pemasaran.

Nah, itu tadi artikel mengenai pekerjaan seorang brand manager yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Begini Pekerjaan Seorang Brand Strategist


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar