icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Mengenal Pekerjaan Seorang Pramugari
Siker.id | 12 Oct 2022 14:13


Bagikan ke
Pekerjaan seorang pramugari (siker)

siker.id – Kita pastinya sering mendengar istilah pramugari bukan? Ya, seorang pramugari seringkali identik dengan kru sebuah pesawat.

Menurut KBBI sendiri, definisi pramugari ialah karyawati perusahaan pengangkutan umum (udara, darat, dan laut) yang bertugas melayani penumpang.

Para petugas yang melayani penumpang di berbagai jenis angkutan umum, seperti pesawat udara, kereta api, dan kapal laut, adalah pramugari. Artinya, karir pramugari sebenarnya tak terbatas pada pramugari pesawat terbang saja.

Namun yang kita bahas kali ini ialah pekerjaan seorang pramugari pesawat. Nah, kira kira bagaimana tugas dan syarat menjadi seorang pramugari itu sendiri? Simak penjelasannya di bawah ini, ya, sobat siker!

Baca Juga: Mengenal Flight Operation Officer

Tugas Pramugari

Tugas utama seorang pramugari pesawat ialah melayani penumpang. Tugas pelayanan ini mencakup pemenuhan kebutuhan individual penumpang, seperti menyediakan minuman, makanan, obat-obatan, selimut, dan lain sebagainya.

Namun sebagai bagian dari awak kabin, tugas pramugari yang terpenting adalah menjaga keamanan dan memastikan keselamatan penumpang.

Dalam hal ini, tugas pramugari termasuk memastikan penumpang duduk, memasang sabuk pengaman, menyeleksi barang untuk bagasi, memasukkan atau menurunkan barang dari bagasi, dan lain sebagainya.

Pastinya, sudah menjadi tugas pramugari untuk meminta penumpang mengikuti dan menaati prosedur keamanan di dalam pesawat.

Baca Juga: Ingin Berkarir Menjadi Pramugari? Berikut 3 Keuntungannya!

Syarat Menjadi Pramugari

Bila kamu ingin menjadi seorang pramugari, kamu harus lulus dari sekolah pramugari atau pendidikan pelatihan pramugari – Flight Attendant Training (FAT). Biaya pelatihan ini ditanggung oleh individu calon pramugari sendiri, sobat siker.

Seperti contoh dari rekrutmen FAT Garuda Indonesia, berikut syarat menjadi seorang pramugari antara lain:

• Berpenampilan menarik dan berkepribadian baik

• Single

• Sehat jasmani dan rohani

• Usia minimum 18 tahun dan maksimum 27 tahun saat pendaftaran

• Tinggi badan minimum 158 cm dan maksimum 172 cm, dengan berat badan ideal dan postur tubuh proporsional

• Pendidikan minimum SMA/SMK/Sederajat, diutamakan lulusan D3 ke atas

• Tidak menggunakan kacamata (lensa kontak diperkenankan dengan ketentuan maksimal minus -3.00, silindris C -1.00)

• Mampu berbahasa Inggris dengan baik (lisan maupun tulisan), diutamakan memiliki kemampuan bahasa asing lainnya.

Nah, itu tadi pekerjaan seorang pramugari yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Siapa itu Mekanik Pesawat? Ini Dia Ulasannya!


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar