Penasaran Apa Pekerjaan Seorang Produser? Ini Dia!
Siker.id | 29 Sep 2022 17:00


Bagikan ke
Pekerjaan seorang produser (siker)

siker.id – Pembuatan film atau serial TV bukan hanya menjadi pekerjaan talent, penulis naskah, atau sutradara saja. Namun, seorang produser juga terlibat di dalamnya, lho sobat siker. Memangnya siapa itu produser?

Dilansir dari masterclass.com, produser merupakan orang yang bertanggung jawab untuk meluncurkan proyek, mengatur keuangan, mempekerjakan penulis, direktur, dan tim kreatif, serta mengawasi semua aspek mulai dari praproduksi, produksi, pascaproduksi, hingga rilis.

Nah, lalu apa saja pekerjaan utama seorang produser ini? Begini jawabannya!

Baca Juga: Cobalah 4 Jenis Pekerjaan secara Remote Ini!

Praproduksi

Pekerjaan pertama adalah terkait dengan praproduksi. Produser adalah salah satu orang pertama yang mengawali proses pengerjaan sebuah film atau acara TV. Selama tahap praproduksi, produser bekerja untuk mengumpulkan investor dan pembiayaan untuk pembuatan film atau acara TV. Tanggung jawab produser dalam tahap ini sebagai berikut seperti dikutip dari studioantelope.com:

• Pembentukan tim

Produser akan bekerjasama dengan produser pelaksana untuk membentuk tim yang terdiri dari kru berbagai departemen, seperti penyutradaraan, produksi, casting, kamera dan pencahayaan, artistik, penata pakaian, dan tim pascaproduksi. Selain itu, dalam mencoba menjual ide film atau acara TV, produser membentuk tim kreatif kecil untuk membantu mengemas promosi ke perusahaan produksi dan studio.

• Penganggaran

Produser akan bekerja dengan produser pelaksana untuk membuat rincian anggaran berdasarkan konsep naskah final. Rincian tersebut biasanya sudah memuat kebutuhan kru, pemeran, lokasi, durasi produksi, alat kamera dan pencahayaan, artistik, penata pakaian, penata rias dan rambut, transportasi, akomodasi, hingga kebutuhan pascaproduksi.

• Pemilihan pemain

Produser akan bekerjasama dengan sutradara dan casting director mencari aktor yang sesuai untuk memerankan filmnya. Ada beberapa pertimbangan produser dalam memilih aktor, seperti kemampuan akting, kecocokan dengan karakter, popularitas, dan portfolio aktor di film-film sebelumnya.

• Memantau persiapan produksi

Produser akan memantau dan menjadi teman diskusi dari sutradara dalam proses pengembangan kreatif di persiapan produksi.

Produksi

Pekerjaan kedua berkaitan dengan produksi. Saat produksi berlangsung, tanggung jawab produser bergeser mencakup hal-hal berikut:

  • Bekerja dengan sutradara untuk menghadirkan mitra kreatif utama seperti sinematografer (direktur fotografi), perancang produksi, dan agensi aktor
  • Menyewa produser lini atau line producer untuk menyusun anggaran dan jadwal
  • Menawarkan saran dan menandatangani semua keputusan kreatif
  •  Mengelola semua logistik dan operasional bisnis
  • Mengawasi semua aspek produksi melalui staf produksi.

Baca Juga: Kenali 3 Pekerjaan General Affairs Ini!

Pascaproduksi

Pekerjaan selanjutnya adalah terkait dengan pascaproduksi. Selain memantau proses pascaproduksi, produser dapat memberikan pendapatnya dalam proses penyuntingan gambar, baik itu untuk kepentingan storytelling ataupun pertimbangan lainnya untuk kepentingan penjualan film.

Produser juga membuat keputusan penting yang menyangkut rencana pemasaran, termasuk hubungan masyarakat, periklanan, distribusi, dan rilis.

Nah, itu tadi pekerjaan seorang produser yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 5 Pekerjaan yang Paling Dicari Startup


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar