Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Tips Cepat Dapat Kerja Untuk Fresh Graduate
Siker.id | 03 Mar 2023 13:30


Bagikan ke
Ilustrasi Fresh Graduate (siker.id/dok. Canva)

siker.id - Proses mencari pekerjaan bagi banyak orang merupakan proses yang penuh persaingan, sulit dan ketat. Bukan hanya dari segi jumlah namun juga kualitas individunya. Mau nggak mau kita dituntut untuk menyiapkan diri sebaik mungkin dan menjadi unggul dari berbagai sisi agar bisa ikut berkompetisi. Untuk menjadi individu yang siap berkompetisi dalam mencari pekerjaan, siapkan 5 hal ini agar kamu cepet dapet kerjaan:

Baca juga: Lakukan Hal Ini Agar Tidak Menunda Pekerjaan

1. Membuat CV ATS Friendly

CV ATS friendly punya berbagai keuntungan dan berpeluang lebih besar untuk dibaca oleh sistem serta membuat tampilan CV-mu terlihat professional. Meskipun perusahaan yang kamu lamar mengecek CV secara manual, model CV ATS akan tetap lebih unggul dan disukai karena biasanya HR tidak memiliki banyak waktu untuk mengecek CV sehingga CV yang terlihat professional akan dilirik oleh HR. Dalam membuat CV ini, pastikan tidak ada typo atau kesalahan Bahasa.

2. Selalu Update Profile LinkedIn

Selain dari CV dan portofolio yang dikirim lewat email atau situs pencari kerja, HR juga sering mencari kandidat melalui LinkedIn. Oleh karena itu, update profile LinkedIn kalian dengan detail, relevan dan mengandung value didalamnya. Kamu juga bisa coba buat postingan yang insightful dan membangun koneksi ke sesama pengguna LinkedIn.

Baca juga: Mengatasi Insecure Saat Baru Masuk Kerja

3. Membuat Portofolio

Selain CV dan resume, kamu bisa menambahkan dokumen pendukung dengan portofolio. Portofolio menampilkan kumpulan karya atau hasil kerja terbaik yang pernah dilakukan disertakan penjelasan yang menceritakan proses pembuatan karya/hasil kerja tersebut.

4. Double Check Berkas Lamaran

Mengecek kembali berkas lamaran sebelum dikirimkan menjadi langkah antisipasi yang baik. Kamu bisa meminta teman atau orang lain untuk melakukan pengecekan agar lebih objektif dan tidak luput dari hal-hal kecil yang tidak kamu notice sebelumnya.

5. Membuat Strategi Apply Loker

Strategi ini bisa dibuat dengan memanfaatkan Ms.Excel atau Soreadsheet untuk tracking lamaran. Kamu bisa memasukan lamaran apa yang sudah kamu apply, job portal yang digunakan sampai jadwal apply besok, lusa atau seterusnya. Kamu juga bisa menggunakan fitur scheduled email dari Gmail agar tidak kelupaan. Strategi ini akan memudahkanmu mengevaluasi dan proses apply kerjaan akan lebih teratur.

Selain kelima tips diatas, kamu juga bisa menambah skill dan value diri dengan mengikuti webinar, bootcamp atau pelatihan untuk menunjang karirmu. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat!

Baca juga: Hilangkan Kebiasaan Ini Jika Ingin Bertahan di Dunia Kerja


Editor: Devieda Putri Hidayat -

     

Komentar