Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Peluang Kerja Lulusan Teknik Pertanian, Wajib Baca Ini
Siker.id | 17 Nov 2021 20:30


Bagikan ke

siker.id - Teknik Pertanian merupakan bagian dari ilmu pertanian yang fokus pada penggunaan teknologi dan manajemen dalam proses produksi massa hayati serta penanganan dan pengolahannya. Hal ini dilakukan agar kebutuhan manusia terpenuhi dengan tetap memperhatikan aspek keberlanjutan sumber daya dan kelestarian lingkungan.

Teknik pertanian, secara sederhana, merupakan ilmu yang mempelajari penerapan dasar-dasar teknik dalam bidang pertanian yang meliputi mesin-mesin pertanian, teknik sumber daya alam pertanian, teknologi proses, energi, perbengkelan dan juga instrumentasi di bidang pertanian hingga sistem manajemen keteknikan pertanian. Intinya semuanya mencapuk pada aspek-aspek teknis dalam bidang pertanian.

Sebelum menentukan pilihan mau mengambil jurusan apa untuk kuliah tentu kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa saja prospek kerjanya. Hal ini dilakukan agar nanti tidak salah jurusan dan juga tidak bisa maksimal dalam kuliah. Selain itu agar ijazahmu bisa terpakai ketika telah tamat kuliah nanti. Untuk itu, kami akan beri gambaran tentang prospek kerja lulusan teknik pertanian.

Baca juga: Berikut ini Cara Merencanakan Tenaga Kerja Dalam Perusahaan

1. Konsultan Pertanian

Lulusan pertanian dapat menjadi seorang konsultan bidang pertanian, kamu akan bertugas untuk memberikan saran-saran ataupun nasehat dalam industri pertanian. Orang yang kerja sebagai konsultan pertanian dituntut untuk bisa membimbing manajemen sumber daya manusia di bidang pertanian serta bagaimana cara mengelola keuangan. Konsultan pertanian akan membuat program unggulan pertanian terutama dalam dipersivikasi berbagai usaha tani.

Dalam profesi ini, tak hanya wawasan kamu juga dituntut untuk memiliki komunikasi yang baik, dan mampu menjaga kerahasiaan klien. Konsultan pertanian juga membutuhkan kemampuan analisa yang baik sebab bukan hanya pekerjaan dibidang bisnis dan akademik saja. Fungsi seorang konsultan di bagian ini sama pentingnya dengan yang lain. Contohnya dalam menganalisa harga jual hasil produk di pasaran serta unsur hara di lahan pertanian.

2. Lembaga Penelitian

Ilmu pengetahuan tentu akan selalu terus menunjukkan perkembangan yang sangat signifikan. Salah satu contohnya adalah ilmu mengenai tanaman, seperti bagaimana cara untuk mempercepat panen, meningkatkan produk pertanian dan beragam hal-hal lainnya. Salah satu prospek kerja Lulusan Agribisnis adalah menjadi seorang peneliti di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) atau berbagai lembaga lainnya. Peneliti memegang peranan penting, dan menjadi indikator kemajuan dari suatu negara.

3. Dosen atau Tenaga Pengajar

Selain menjadi peneliti, memungkinkan juga untuk menjadi pengajar. Hanya saja untuk menjadi pengajar, seorang harus menempuh jenjang pendidikan pascasarjana terlebih dahulu, minimal Strata 2 (S-2).

Suatu penelitian dilakukan oleh suatu lembaga atau kelompok khusus yang memiliki izin untuk melakukan suatu penelitian. Metode yang digunakan untuk penelitian adalah Teknik riset ilmiah standar, tetapi tidak ada hasil pasti atau adanya perkiraan hasil yang mempunyai nilai komersial di waktu yang dekat.

Baca juga: Ambil Jurusan Kesehatan Masyarakat? Begini Prospek Kerjanya

4. Supplier Sayur dan Buah Organik

Saat ini, kesadaran untuk menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi sayuran dan buah organik sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Karena, kekuatiran yang tinggi sebagian masyarakat akan produk pangan yang dikonsumsi tercemar pestisida. Restoran-restoran tertentu memberikan jaminan mutu produk makanan dengan bahan pangan organik. Pekerjaan menjadi supplier sayur dan buah organik pasti dicari oleh tempat-tempat makan besar seperti hotel, restoran, ataupun usaha kedai-kedai perorangan.

Dengan melakukan program kerja sama dengan petani lokal, peluang menjadi supplier penyedia hasil panen organik masih terbuka. Berbekal ilmu pengetahuan selama kuliah, kesempatan menjadi pedagang komoditi baru terbuka lebar untuk menciptakan sebuah pasar komoditi baru

5. Instansi Pemerintahan

Lulusan Agribisnis juga dapat bekerja di Badan Perencanaan dan juga Pembangunan Daerah (BAPPEDA) dan berkontribusi mengedukasi masyarakat luas mengenai cara mengelola pertanian, perkebunan dan juga ladang yang baik. Dengan menjadi petugas BAPPEDA kamu telah turut mensejahterakan rakyat.

Sekian artikel tentang prospek kerja Teknik Pertanian bila menyukai artikel ini bisa anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih

Baca juga: Apa Saja Peluang Kerja Lulusan Teknik Komputer?

 

 


Editor: Bagus -

     

Komentar