Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Prospek Kerja Lulusan Public Relations, Selengkapnya
Siker.id | 18 Nov 2021 13:05


Bagikan ke

siker.id - Public relations merupakan sebuah program studi yang menggabungkan antara teori dengan konsep dari ilmu komunikasi serta hubungan masyarakat. Prodi ini memiliki dua konsentrasi yang terdiri dari komunikasi perusahaan dan komunikasi merek. Dalam program studi ini juga nantinya akan dipelajari bagaimana membentuk cara memelihara citra suatu organisasi atau perusahaan ditengah masyarakat.

Baca juga: Anda Lulusan Manajemen Bisnis Internasional? Baca ini

Penasaran dengan prospek kerja public relation? simaklah ulasan berikut ini:

1. Komunikasi Pemasaran

Seseorang yang menjabat sebagai Komunikasi Pemasaran bertugas untuk membuat rencana pemasaran, mengelola anggaran pemasaran, serta memproduksi press release. Mereka harus memiliki sisi kreatif untuk mempromosikan produk sehingga bisa menghasilkan penjualan.

2. Hubungan Masyarakat

prospek kerja dari seorang lulusan public relation yang pertama adalah bisa bekerja di bidang hubungan masyarakat atau biasa disebut dengan humas. Seorang humas nantinya akan bertugas untuk memberikan informasi, mendidik, meyakinkan, meraih simpati, dan membangkitkan ketertarikan masyarakat pada sesuatu yang membuat masyarakat mengerti dan menerima suatu kondisi.

Untuk itu, seorang public relation juga dapat menggunakan berbagai media, mulai dari sosial media maupun media konvensional dalam membangun dan mempertahankan hubungan yang baik antara sebuah organisasi atau perusahaan dengan para stakeholders dan masyarakat. Seorang humas juga bertanggung jawab atas citra perusahaan yang terlihat oleh publik, oleh karena itu seorang humas harus dapat mempresentasikan citra yang baik di mata publik.

3. Perencana Strategis

Perencana Strategis adalah orang yang membuat desain sekaligus merencanakan komunikasi dalam pemasaran. Pasalnya, dibutuhkan pertimbangan yang strategis sebelum menjalankan sebuah promosi. Strategic Planner biasanya dibutuhkan oleh perusahaan jasa periklanan.

Baca juga: Lulusan Manajemen Keuangan Syariah, Simak Prospek Kerjanya

4. Event Organizer

Seorang event organizer nantinya bertugas untuk mengurus berbagai hal yang berkaitan dengan acara dengan sangat detail. Dimulai dari klien, vendor, hingga mengurusi tamu yang hadir pada suatu acara yang akan diselenggarakan. Seorang event organizer juga diharuskan memiliki komunikasi yang baik dengan orang lain, karena EO biasanya akan banyak berelasi dengan banyak orang.

Bekerja di bidang event organizer juga banyak diperbincangkan karena melihat dari antusiasme publik yang banyak mengadakan acara mulai dari pernikahan hingga acara konser. Membuat banyaknya lapangan pekerjaan untuk seorang yang bekerja di bidang ini. Kuncinya adalah menghadirkan konsep baru di setiap acara agar klien merasa puas dan tidak monoton.

5. Juru Bicara

Prospek kerja public relation yang terakhir dalam daftar ini adalah menjadi seorang juru bicara. Juru bicara ini merupakan seorang yang diberikan sebuah tanggung jawab untuk menerangkan kondisi dari sesuatu, baik kondisi perusahaan ataupun kejadian yang terjadi. Tugasnya antara lain, memberikan keterangan resmi kepada khalayak umum yang mewakili suatu kelompok atau seseorang.

Sekian artikel tentang prospek kerja lulusan public relation. Bila menyukai artikel ini bisa anda bagikan.Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih

Baca juga: Jurusan Manajemen Perkantoran? Begini Prospek Kerjanya

 

 


Editor: Bagus -

     

Komentar