Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Hilangkan Kebiasaan Ini Jika Ingin Bertahan di Dunia Kerja
Siker.id | 28 Feb 2023 15:30


Bagikan ke
Ilustrasi Terlambat (siker.id/dok. Canva)

siker.id - Saat kuliah, banyak kebiasaan buruk yang sering dilakukan mahasiswa namun tidak dapat ditoleransi di dunia kerja. Dunia kerja dan kuliah merupakan dua hal yang berbeda dari segi kebiasaan ataupun cara menyikapinya. Dalam dunia kerja, ada banyak hal baru yang tidak ditemui dalam dunia perkuliahan dan dunia kerja bukan hanya tentang mengerjakan tugas yang diberikan. Kita harus bisa beradaptasi menerapkan kebiasaan baru agar mampu bersikap professional. Berikut adalah kebiasaan saat kuliah yang harus dihilangkan saat memasuki dunia kerja:

Baca juga: Benefit Memiliki Rekan Kerja Senior

1. Sering Terlambat

Dalam dunia pekerjaan, terlambat bukanlah hal yang bisa ditoleransi karena saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan sistem absensi ketat seperti menggunakan fingerprint bahkan memotong intensif karyawannya. Memang kebijakan terlambat berbeda-beda pada setiap perusahaan namun tetap saja terlambat bukanlah hal yang baik. Agar kamu tidak terlambat, biasakan untuk menyiapkan keperluan di malam hari dan bangun/berangkat lebih pagi.

2. Tidak Memberikan Kontribusi

Saat kuliah masih banyak mahasiswa yang menumpang nama saat ada tugas kelompok. Namun hal tersebut tidak berlaku dalam dunia pekerjaan dimana kita akan dituntut kerja sama dalam tim dan dapat berkontribusi. Untuk bisa memberikan kontribusi kepada tim, cari tau apa yang bisa dimaksimalkan dalam skill yang kamu miliki.

3. Asal Copas, Nyontek atau Pakai Joki

Dalam dunia professional, plagiasi tidak bisa ditoleransi karena akan berdampak dan merugikan perusahaan bahkan hingga ke ranah hukum. Untuk menghindari hal ini, diskusikan dengan atasan jika mengalami kesulitan atau gunakan metode ATM (amati, tiru, modifikasi).

Baca juga: Langkah Untuk Membangun Networking

4. Selalu Mepet Deadline

Biasakan untuk membuat jadwal kegiatan dan tentukan prioritansya agar kerjaanmu selesai tepat waktu dan tidak mepet deadline karena dalam dunia pekerjaan bukan hanya sekedar selesai namun juga kualitas dipertimbangkan.

5. Sering Membolos

Saat kuliah membolos merupakan hal yang dianggap wajar karena tidak terlalu berdampak pada nilai selama tugas masih tetap dikerjakan. Namun dalam dunia kerja, tidak hadir tanpa alasan jelas tidak diperbolehkan karena kita dituntut untuk professional dan urusan personal tidak boleh mempengaruhi performa kerja.

Jika saat kuliah kamu masih sering melakukan hal diatas, cobalah untuk perlahan memperbaiki diri dan mengusahakan untuk selalu bersikap professional. Sekian artikel mengenai kebiasaan saat kuliah yang harus dihilangkan saat memasuki dunia kerja. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Tips Menyikapi Berbagai Tipe Atasan


Editor: Devieda Putri Hidayat -

     

Komentar