Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Peluang Kerja Lulusan PGSD, Wajib Baca Ini
Siker.id | 18 Nov 2021 14:45


Bagikan ke

siker.id - Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) mengarahkan lulusannya kelak menjadi guru atau tenaga pendidik di Sekolah Dasar (SD). Namun tunggu dulu, bukan berarti lulusan PGSD hanya bisa berkarir menjadi guru SD saja. Beberapa lulusannya banyak yang sukses berkarir di bidang lainnya.

lulusan PGSD dapat bekerja dan berkarir di lembaga penelitian atau lembaga pendidikan sekolah, perguruan tinggi baik negeri atau swasta, serta di berbagai instansi pemerintah ataupun swasta.

Lulus kuliah jurusan PGSD tetapi masih bingung mau kerja apa? Tenang. Ada beberapa prospek kerja PGSD alternatif lainnya untuk Kamu selain jadi guru SD. Ternyata jurusan PGSD tidak harus menjadi guru SD. Masih banyak peluang atau prospek kerja PGSD lainnya yang terbuka lebar untukmu.

Baca juga: Anda Ingin Lolos Tahapan Interview User Berikut Tipsnya

Meskipun dipersiapkan untuk menjadi guru SD, masih ada prospek kerja lainnya yang bisa Kamu pilih. Di bawah ini ada beberapa prospek kerja PGSD, yaitu:

1. Konselor

Kamu bisa memilih karir sebagai seorang konselor. Dengan menjadi seorang konselor Kamu dapat membantu para klien untuk menemukan sekolah dan jurusan yang tepat. Latar belakang pendidikan yang Kamu miliki tentu membuat sedikit lebih paham dan lebih peka terhadap kebutuhan masing-masing siswa. Jadi, Kamu bisa menyarankan untuk masuk ke sekolah terbaik yang sesuai dengan kemampuan anak tersebut.

2. Dosen

Dosen adalah pendidik profesional yang bekerja di satuan pendidikan tinggi tertentu. Dapat dikatakan tanggung jawab seorang Dosen secara keilmuan lebih tinggi dari pada guru, meski beban tanggung jawabnya belum tentu lebih berat dari pada guru. Di mana selain sebagai pekerja profesional dalam bidang mengajar, Dosen harus menjadi ilmuwan (cendekiawan) yang punya karya keilmuan tersebar luas ke masyarakat. Seorang lulusan PGSD juga bisa menekuni karir sebagai seorang Dosen jika enggan menjadi seorang Guru SD.

3. Konsultan Pendidikan

Konsultan pendidikan memiliki tugas utama yakni membantu para pelajar untuk memilih jurusan dan tempat studi yang diminati, baik di dalam maupun luar negeri. Tak hanya itu saja, seorang konsultan pendidikan juga mendukung dalam prosedur masuk universitas, membantu mengurus tiket pesawat dan tempat tinggal, serta menyediakan informasi terkait sistem sekolah di luar negeri hingga kehidupan masyarakat lokal. Tidak sedikit pelajar yang dilema dan kebingungan dalam menentukan rencana studi selanjutnya. Di sinilah peran konsultan pendidikan dibutuhkan, profesi ini akan membantu pelajar dan orangtua dalam merencanakan pendidikan.

Baca juga: Bagaimana Peluang Kerja Lulusan Administrasi Bisnis?

4. Pegawai Bank

Lulusan dari jurusan PGSD bisa juga menjadi pegawai bank. Rekrutmen calon pegawai bank biasanya tidak memberikan persyaratan khusus. Hampir semua jurusan boleh mencoba, termasuk Kamu yang dari jurusan PGSD. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba profesi ini

5. Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Pegawai negeri sipil (PNS) merupakan bagian dari Aparatur Sipil Negara (ASN), yang telah diangkat secara tetap dan berhak mendapatkan jabatan tertentu dalam satuan tugasnya. Sebagai penopang pemerintahan suatu negara, PNS berperan menciptakan sistem pada suatu negara dengan tujuan meningkatkan taraf hidup masyarakat. Untuk menjadi seorang PNS, kamu bisa mendaftar melalui jalur penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang dilakukan secara serentak oleh kementerian dan lembaga pemerintahan yang memerlukan pegawai baru.

Sekian artikel tentang prospek kerja lulusan PGSD. Bila menyukai artikel ini bisa anda bagikan.Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih

Baca juga: Berikut Cara Kirim Lamaran via Email yang Benar

 


Editor: Bagus -

     

Komentar