Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Yuk, Simak ! Bagaimana Peluang Kerja Lulusan Teknik Mesin
Siker.id | 17 Nov 2021 20:05


Bagikan ke

siker.id - Teknik mesin merupakan salah satu jurusan yang berada di bawah naungan Fakultas Teknik. Jurusan ini biasa juga dikenal dengan teknik mekanik. Jenjang pendidikannya mulai dari D3, S1, S2 dan S3.

Biasanya banyak orang tua yang memasukkan anaknya ke jurusan ini karena prospek kerja teknik mesin yang cukup luas dan fleksibel untuk bergabung bersama banyak industri. Nah, pada bagian kali ini kami akan memberikan Anda informasi seputar prospek kerja tersebut

Jurusan teknik mesin sendiri secara umum mempelajari prinsip dasar dari ilmu fisika. Setelah itu mereka baru dapat menganalisis dan mendesain suatu sistem mekanik berupa motor, mobil, mesin, atau apa saja

Tanpa perlu berlama-lama lagi, mari masuk pada pembahasannya saja. Ingat, jika ini adalah informasi yang sedang Anda butuhkan.

Baca juga: Anda Lulusan Pendidikan Geografi Berikut Peluang Kerjanya

Sebaiknya Anda membaca 6 prospek kerja teknik mesin

1. Teknisi dan Operator Mesin

Pekerjaan Jurusan Teknik Mesin yang pertama adalah menjadi seorang teknisi dan operator di sebuah pabrik, yang aktif melakukan produksi untuk mengolah atau membuat suatu barang jadi atau setengah jadi. Tugas dan tanggung jawab seorang teknisi sendiri adalah melakukan perawatan terhadap mesin produksi, memperbaiki mesin produksi, hingga mendata dan menyiapkan part-part mesin.

Sehingga, tanpa ada seorang teknisi, sebuah pabrik tentunya tidak akan berjalan dengan baik. Maka dari itu, tenaga lulusan Teknik Mesin di posisi ini sangatlah dibutuhkan.

2. Konversi Energi

Pekerjaan selanjutnya yang bisa dipertimbangkan oleh lulusan teknik mesin adalah bekerja di bagian konversi energi sebuah perusahaan. Bagian ini bertanggung jawab untuk merancang sebuah mesin yang nantinya bisa mengubah bentuk energi satu ke energi yang lain.

Sederhananya, orang yang memilih pekerjaan ini paham mengalihkan suatu energi ke alat yang kemudian bisa dimanfaatkan oleh manusia sehari-hari.

Panel surya dan kincir uap adalah salah satu contoh konversi energi yang pada akhirnya bisa membantu manusia. Beberapa perusahaan besar pun sedang mengembangkan energi listrik untuk membuat kendaraan sendiri.

3. Mekanik Pesawat di Industri Penerbangan

Pekerjaan Jurusan Teknik Mesin selanjutnya adalah menjadi mekanik pesawat. Jika dilihat-lihat industri otomotif dan industri penerbangan ini memang tak beda jauh, pasalnya yang membedakan adalah industri ini dikhususkan untuk merancang pesawat.

Akan tetapi, tugasmu tidak hanya merancang pesawat yang bahan materialnya sudah siap pakai. Melainkan, kamu juga bertanggung jawab untuk menentukan material pesawat, membuat kerangka, hingga membuat spesifikasi mesin pesawat juga lho. Tapi tenang, di Jurusan Teknik Mesin, pastinya kamu juga akan diajarkan tentang ilmu teknik mesin hingga spesifikasi dari mesin pesawat

Baca juga: Berikut Ini 10 Peluang Kerja Lulusan Sistem Informasi

4. Industri pertambangan

Sebenarnya, prospek kerja yang satu ini cukup sama dengan dunia otomotif. Peluang kerja bidang ini disebut misalnya oleh prospects

Industri tambang membutuhkan ahli mesin untuk mengawasi dan mengendalikan proses produksi bahan tambang, mulai dari pengambilan dan pengolahannya. 

Di Indonesia sendiri, ada beberapa perusahaan tambang nasional dan multinasional yang mungkin kamu tertarik untuk dalami.

5. Designer Mekanik

Sebagai lulusan jurusan teknik mesin, Anda akan dihadapkan pada banyak prospek kerja teknik mesin yang menggiurkan seperti designer mekanik. Tidak hanya pakaian saja yang memiliki designer. Mekanik atau mesin pun membutuhkan orang yang merancangnya dari awal agar nanti bisa dimanfaatkan.

Apa yang didesain oleh seorang mekanik adalah mesin-mesin dengan model terbaru. Ada banyak perusahaan yang tiap tahunnya membuka lowongan untuk pekerjaan yang satu ini.

6. Dosen

Pekerjaan Jurusan Teknik Mesin yang memiliki prospek kerja yang memungkinkan, kamu bisa menjadi seorang pengajar atau dosen Teknik mesin. Namun untuk bisa menjadi seorang dosen, setidaknya kamua harus memiliki gelar S2. Sehingga, ilmu yang harus kamu miliki tentunya harus lebih dalam, demi bisa memberikan ilmu yang bermanfaat untuk para mahasiswa yang kamu ajar.

Sekian artikel tentang prospek kerja Agroteknologi bila menyukai artikel ini bisa anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih

Baca juga: Prospek Pekerjaan Prodi Teknik Sipil, Selengkapnya

 

 


Editor: Bagus -

     

Komentar