Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Apa Saja Prospek Kerja Lulusan Agroteknologi
Siker.id | 17 Nov 2021 19:30


Bagikan ke

siker.id - Agroteknologi merupakan bidang studi yang mempelajari penguasaan teknologi pada produksi pertanian dengan memperhatikan kualitas dan efisiensi. Sesuai namanya, jurusan ini memang erat kaitannya dengan agronomi dan teknologi. Sebagaian besar kamu akan mempelajari tentang ilmu biologi dan kimia yang berhubungan dengan pertanian melalui penerapan teknologi.

Mahasiswa jurusan ini akan diajarkan bagaimana mengelola tanaman, perencanaan sistem produksi di bidang pertanian, perkebunan, sampai pembenihan. Bukan hanya teori, jurusan ini lebih banyak praktek untuk lebih paham tentang genetika produksi tanaman hingga menghasilkan produk yang unggul.

Prospek kerja agroteknologi sebenarnya terbuka sangat lebar. Apalagi jika anda mengingat bahwa Indonesia merupakan negara agraris dengan hasil pertanian yang begitu melimpah. Lebih dari itu prospek dari bidang ini pun terbilang menjanjikan. Berikut ini kita akan bahas mengenai peluang dan prospek kerja lulusan jurusan agroteknologi.

Baca juga: Anda Lulusan Teknik Pangan? Simak Prospek Kerjanya

1. Konsultan Pertanian

Kamu juga bisa menjadi konsultan pertanian yang bertugas memberikan saran-saran dalam sektor industri pertanian. Kamu dapat memulainya dari skala kecil kemudian ditingkatkan ke sektor industri pertanian skala besar.

2. Surveyor

Lulusan agroteknologi juga berpeluang besar menjadi surveyor. Kamu dapat menjadi surveyor untuk Badan Koordinasi Survei serta di Badan Pertahanan Nasional

3. Peneliti

Prosepek kerja agroteknologi yang pertama adalah menjadi peneliti atau ilmuwan. Seperti yang diketahui, pada banyak mata kuliah agroteknologi akan mempelajari bisnis yang berkaitan dengan produksi pangan seperti produksi bidang pertanian. Di masa yang akan datang, kebutuhan akan peneliti dalam kaitannya dengan produksi pangan akan sangat penting karena menyangkut hajat hidup orang banyak.

Peneliti memegang peranan penting, dan menjadi indikator kemajuan dari suatu negara. Aktivitas Penelitian biasanya dilakukan oleh suatu unit, lembaga atau pusat khusus yang dimiliki oleh suatu perusahaan, perguruan tinggi, atau lembaga pemerintahan yang tugasnya melakukan penelitian di bidang ilmu maupun teknologi.

Baca juga: Berikut Ini Peluang Kerja Bagi Lulusan Ilmu Perpustakaan

4. Tenaga Pengajar

Seseorang yang sangat cinta dengan dunia Akademis, dan juga asih ingin sekali berpendidikan maka pekerjaan yang di lakukan ialah dapat bekerja sebagai seorang pendidik yaitu menjadi seorang dosen ataupun guru. Sudah kita ketahui bersama bahwa sekarang ini di SMK juga telah banyak sekali yang membuka jurusan pertanian, sehingga hal ini juga sangat menjadi peluang pekerjaan yang cukup menarik untuk seorang yang baru lulus dari jurusan Agroteknologi.

5. Jurnalis Agroteknologi

Jika memiliki kemampuan menulis dan berniat membagikan ilmu yang kamu miliki ke masyarakat luas, maka menjadi seorang penulis cocok untukmu. Prospek kerja ini cukup menjanjikan di era digital seperti sekarang. Kamu dapat membuat buku tentang pengetahuan Agroteknologi dari sudut pandang yang lain dalam bentuk buku atau e–book.

6. Wirausaha

Dari jurusan manapun pasti memiliki keinginan untuk menjadi seorang wirausaha. Karena wirausaha ini merupakan hal yang sangat menguntungkan dengan hasil ang sangat menggiurkan. Mengingat banyak sekali keuntungan yang di dapat jika usaha yang di lakukan ini memang berjalan dengan sesuai rencana.

Sekian artikel tentang prospek kerja Agroteknologi bila menyukai artikel ini bisa anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih

Baca juga: Bagaimana Peluang Kerja Buat Lulusan Teknik Alat Berat?

 

 


Editor: Bagus -

     

Komentar