icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Cara Mengurangi Kecelakaan Kerja, Wajib Baca !
Siker.id | 29 Nov 2021 18:15


Bagikan ke

siker.id - Resiko kecelakaan kerja terutama di area pabrik tentunya sangatlah besar. Maka dari itu biasanya setiap pabrik sudah mempunyai kebijakannya tersendiri soal keamanan para pekerjanya.

Saat Anda mulai bekerja, pastinya Anda perlu menaati setiap ketentuan yang telah ditetapkan didalam perusahaan, termasuk untuk Anda yang bekerja di pabrik. Karena banyaknya kegiatan operasional, beragam mesin produksi, dan lainnya didalam pabrik pastinya banyak sekali resiko yang mungkin terjadi pada Anda. Karenanya keselamatan dan kesehatan kerja jadi aspek penting yang perlu diutamakan ketika Anda bekerja di pabrik.

Sesama jenis pekerjaan mempunyai peraturan yang ditetapkan dan harus ditaati oleh semua karyawan. Termasuk peraturan mengenai keselamatan atau safety. Terlebih jika Anda bekerja di pabrik.

Baca juga: Ingin Bertahan dari Tekanan Pekerjaan? Lakukan Cara Ini

Bekerja di sebuah pabrik tentunya memiliki resiko terjadinya kecelakaan kerja, mengingat terdapat bermacam-macam mesin produksi dan alat-alat berat lainnya. Lalu bagaimana cara untuk mengurangi resiko kecelakaan tersebut ? Berikut tips mengurangi resiko kecelakaan kerja:

1. Mengerti Kebijakan dan Ketentuan Perusahaan

Tips keselamatan kerja di pabrik pertama yang perlu Anda mengerti, baik dalam sektor apa pun yaitu tentang kebijakan dan ketentuan yang telah berlaku dan diputuskan termasuk dalam hal kesehatan dan keselamatan kerja. Mengerti dengan benar dan pastikan apabila Anda memperoleh keterangan secara detail tentang kebijakan dan ketentuan perusahaan itu.

2. Jangan Meremehkan Bahaya

Bekerja di luar ruangan maupun di dalam ruangan pabrik sama-sama memiliki resiko. Perlengkapan safety yang disediakan oleh manajemen bukan hanya sekedar pajangan saja namun wajib digunakan oleh semua karyawannya.Jangan pernah merasa bahwa Anda berada di posisi paling aman. Resiko kecelakaan bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Gunakan saja perlengkapan safety yang telah disediakan demi keselamatan Anda.

3. Kenali Tempat Kerja Anda

Coba untuk mengetahui tempat kerja Anda, dan menerapkan safety tips di tempat kerja, termasuk sistem produksi dan bagaimana cara yang tepat dalam memakai alat-alat didalam pabrik.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengatasi Insomnia Bagi Pekerja?

4. Selalu Gunakan Perlengkapan Safety Sesuai Prosedur

Jangan pernah mengabaikan pesan keselamatan “Safety First”. Pakailah perlengkapan keselamatan yang telah disediakan.Kecelakaan kerja bisa menimpa Anda kapan saja, dimana saja, dan mengenai bagian tubuh mana saja. Kenali resiko pekerjaan Anda dan gunakan perlengkapan safety yang sesuai mulai dari safety helmet hingga safety shoes.Jika Anda adalah seorang operator produksi di pabrik makanan, maka gunakan perlengkapan safety disposable seperti hairnet dan sarung tangan untuk menjaga kebersihan hasil produksi.

5. Mengikuti pelatihan professional mengenai keselamatan bekerja

Biasanya di setiap pabrik, mereka sudah menyediakan pelatihan rutin jika terjadi sesuatu yang berbahaya di pabrik. Pastikan saat pelatihan kalian benar-benar menyimak agar jika suatu saat terjadi hal yang tidak diinginkan, kalian sudah tahu langkah evakuasinya seperti apa.

6. Komunikasikan dengan atasan jika ada yang tidak kalian mengerti

Selanjutnya jika kalian ingin mengerjakan suatu tugas dan kalian masih belum terlalu mengerti bagaimana cara kerjanya tanyakan terlebih dahulu ke atasan. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi sesuatu yang fatal karena proses pengerjaan yang salah.

7. Pahami dengan jelas prosedur keselamatan

Prosedur keselamatan juga merupakan hal yang wajib kalian perhatikan. Dengan begitu kalian tahu dimana tempat evakuasi jika misal pabrik kebakaran atau roboh.

Sekian tips tentang keselamatan kerja di pabrik dan usaha usaha untuk meningkatkan kesehatan kerja. Pastinya setiap karyawan di dalamnya harus menataati setiap prosedur yang telah ditetapkan guna meminimalkan/mengurangi resiko kecelakaan kerja yang mungkin terjadi.

Baca juga: Bosan di Tempat Kerja? Berikut Cara Mengatasinya!


Editor: Bagus -

     

Komentar