- Tips Menjaga Kebersihan Lingkungan Kerja, Baca Ini
- Simak ! Cara Membuat Lingkungan Kerja yang Nyaman
- Lakukan Cara Ini Agar Karyawan Betah Bekerja
- Berikut Ini 7 Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru
- Anda Ingin Merantau Kerja? Ikuti Tips Berikut!
- Bagaimana Cara Menghindari Ageisme di Lingkungan Kerja?
- Berikut Tips Adaptasi Kerja buat Fresh Graduate
- Bagaimana Menghadapi Atasan Yang Otoriter?
- Berikut Ini Cara Adaptasi Dalam Lingkungan Kerja Kompetitif
- Rekan Kerja Ingin Menjatuhkan? Ini Cara Menghadapinya!
siker.id - Memasuki tempat kerja yang baru, berarti Anda harus siap dengan segala perubahan iklim kerja, perubahan lingkungan pertemanan dengan rekan kerja, bos baru, tanggung jawab baru, gaji baru, serta kemungkinan akan tantangan baru.
Tempat kerja yang baru tidak akan sama dengan tempat kerja yang lama, kamu perlu memahami hal ini sejak awal. Namun meski begitu, kamu tetap harus membuat dirimu nyaman, agar bisa betah dan tetap produktif di tempat kerjamu yang baru nanti.
Beradaptasi di tempat kerja yang baru menjadi poin penting yang tak bisa kamu abaikan. Semakin cepat kamu bisa beradaptasi, maka akan semakin mudah juga kamu bisa nyaman untuk menjalankan rutinitas kerjamu.
Baca juga: Peluang Kerja Lulusan Astronomi, Lengkap !
Selain itu, kamu juga tentu harus menyesuaikan diri dengan berbagai pekerjaan yang akan kamu tangani di tempat yang baru. Hal ini penting, apalagi jika ternyata kamu bekerja pada posisi yang berbeda dari pekerjaan sebelumnya. Lakukan adaptasi ini dengan cara yang tepat, agar semuanya bisa berjalan lancar dan membuatmu nyaman.
Berikut ini adalah beberapa tips mudah, yang bisa kamu lakukan untuk sukses beradaptasi di tempat kerja baru:
1. Cermati budaya kerja di tempat yang baru
Setiap lingkungan kerja tentu akan memiliki budaya kerja tersendiri, begitu juga dengan tempat kerjamu yang baru. Kamu mungkin saja akan menemukan banyak perbedaan dengan lingkungan kerjamu yang lama. Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk beradaptasi adalah mencermati budaya kerja di tempat yang baru ini.
Tak perlu panik saat pertama kamu menginjakkan kaki di kantor yang baru. Tetaplah percaya diri dan bersikap tenang, agar kamu bisa lebih nyaman untuk memulai hari. Cermati budaya kerja di sana dengan baik, seperti: cara berkomunikasi, berpakaian, dan yang lainnya. Cobalah untuk mulai menyesuaikan diri dengan semua hal ini secara perlahan.
2. Fokuskan Perhatian Saat Proses Perkenalan
Tentunya sebagai karyawan baru, Anda akan mendapatkan bimbingan dari tim HRD yang membantu Anda di minggu-minggu pertama Anda bekerja.
Selama minggu perkenalan ini, tentunya Anda akan dikenalkan dengan berbagai info yang berhubungan dengan internal perusahaan. Mulai dari struktur organisasi, cakupan aktivitas bisnis perusahaan, visi dan nilai-nilai yang dianut oleh perusahaan, serta lingkungan departemen tempat Anda dipekerjakan.
Tujuan dari pengenalan ini adalah untuk mengenalkan sisi baik dari perusahaan serta membuat karyawan baru familiar dengan kultur, regulasi, gaya kerja, dan departemen yang ada.
Baca juga: Berikut Ini Tips Dalam Meminta Izin Cuti
3. Tinggalkan semua kebiasaan buruk di tempat lama
Pindah ke tempat kerja yang baru menjadi kesempatan baik untuk kamu memperbaiki diri. Manfaatkan kesempatan tersebut, agar kamu bisa menjadi pekerja yang lebih profesional dari sebelumnya.
Jangan membawa berbagai kebiasaan buruk ketika masih bekerja di tempat yang lama, misalnya: suka menunda pekerjaan, datang terlambat, sering bolos, dan yang lainnya. Tinggalkan semua kebiasaan buruk ini dan memiliki berbagai kebiasaan baru yang lebih positif, agar kamu bisa lebih mudah diterima di lingkungan kerja yang baru.
4. Bangun Kesempatan Menjalin Pertemanan
Untuk dapat mengenal dan dikenal sesama rekan kerja, Anda tidak dapat duduk diam dan menunggu ditanya oleh orang lain. Anda memerlukan persiapan dengan mencari sebanyak-banyaknya bahan obrolan yang dapat digunakan untuk membangun hubungan pertemanan baru sehingga berhasil beradaptasi di perusahaan baru.
Perhatikan berita apa saja yang sedang terjadi di negeri ini atau bahkan di luar negeri, makanan apa yang kira-kira sedang banyak dibicarakan orang, isu apa yang sedang hangat, bahkan sesederhana hobi, film favorit, dan lagu favorit pun dapat membantu dua orang yang tadinya tidak saling mengenal mulai membangun pertemanan sehat.
5. Bekerjalah dengan profesional dan hindari masalah
Jangan membuat masalah di tempat kerja yang baru, sebab ini akan membuat kamu sulit untuk diterima di sana. Meski resiko seperti ini akan selalu ada, kamu bisa menghindarinya sejak awal. Lakukan semua tugasmu dengan profesional, agar semuanya bisa selesai dengan baik.
Namun jika ada hal-hal yang tidak kamu mengerti, maka bertanya kepada rekan kerja atau atasan adalah keputusan yang paling bijak. Hindari sikap sok tau dan sok pintar, agar kamu tidak sampai mengalami masalah yang tidak diperlukan di tempat kerja yang baru nanti.
6. Bersikap Sopan Kepada Semua Orang
Jangan terlalu merasa minder saat berpapasan dengan bos atau manajer Anda. Sapalah dengan sopan sambil sedikit berbasa-basi. Juga bersikap sopan terhadap semua orang baru yang Anda temui, paling tidak jika berpapasan, jangan buang muka dan usahakan berikan senyuman terbaik Anda. Siapa tahu orang yang tidak sengaja berpapasan tersebut beberapa waktu ke depan menjadi bos Anda.
Di hari pertama bekerja, jika tidak ada seorang pun yang mengajak Anda makan siang, cobalah untuk bertanya pada karyawan yang sudah lama bekerja, kira-kira di mana tempat makan siang yang paling nyaman.
7. Tunjukkan Kualitas Diri Anda
Salah satu proses adaptasi lain yang bisa Anda tunjukkan adalah dengan menunjukkan kualitas diri Anda. Membuka diri pada hal-hal yang ada di kantor baru memang penting, tapi, Anda juga perlu menunjukkan kemampuan apa yang Anda miliki sehingga Anda mudah dikenali rekan kerja baru Anda.
Dengan menunjukkan kualitas diri, selain menancapkan jati diri Anda di tempat kerja, Anda juga melakukan adaptasi dengan rekan dan bos baru Anda di kantor. Rekan dan bos akan lebih mengenal Anda, dan jika Anda sukses menunjukkan kualitas diri, maka Anda juga bisa dianggap sukses melakukan adaptasi dengan kantor baru Anda.
Itulah beberapa tips beradaptasi di tempat kerja baru. Dengan mengetahui dan menjalankan tips di atas, Anda akan lebih mudah beradaptasi dan bekerja secara maksimal dengan hubungan yang baik dengan rekan-rekan kerja baru. Selamat mencoba!
Baca juga: Yuk, Simak ! Prospek Kerja Teknik Nuklir
Komentar
- Tips Menjaga Kebersihan Lingkungan Kerja, Baca Ini
- Simak ! Cara Membuat Lingkungan Kerja yang Nyaman
- Lakukan Cara Ini Agar Karyawan Betah Bekerja
- Berikut Ini 7 Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru
- Anda Ingin Merantau Kerja? Ikuti Tips Berikut!
- Bagaimana Cara Menghindari Ageisme di Lingkungan Kerja?
- Berikut Tips Adaptasi Kerja buat Fresh Graduate
- Bagaimana Menghadapi Atasan Yang Otoriter?
- Berikut Ini Cara Adaptasi Dalam Lingkungan Kerja Kompetitif
- Rekan Kerja Ingin Menjatuhkan? Ini Cara Menghadapinya!