Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Pentingnya Sertifikasi Kompetensi Untuk Karir
Siker.id | 15 Feb 2023 16:38


Bagikan ke
sertifikasi (siker.id)

Siker.id - Sertifikasi kompetensi adalah suatu pengakuan terhadap tenaga kerja memiliki keterampilan dan pengetahuan. Serta sikap kerja sudah sesuai dengan standar kompetensi kerja yang telah dipersyaratkan. Dengan begitu sertifikasi akan memberikan kepastian jika tenaga kerja atau pemiliki sertifikat tersebut sudah terjamin akan kredibilitas kerjanya. Terutama saat melakukan suatu pekerjaan yang menjadi tugas serta tanggung jawabnya.

Dengan memiliki sertifikat kompetensi bisa berguna untuk melihat seberapa kemampuan Anda di bidang tersebut. Jadi dapat diketahui saat hasil dari ujian yang diikuti dalam proses mencari sertifikat tersebut.

Baca juga: Pilihan Sertifikasi Akuntansi Sesuai Minat Karir Anda

Sertifikasi biasanya diberikan oleh organisasi atau asosiasi profesi yang mengetahui dengan pasti suatu kompetensi profesional dalam bidang tertentu. Sertifikasi yang diberikan organisasi atau asosiasi profesi memberikan jaminan bahwa orang yang menyandangnya telah mendapatkan standar kompetensi tertentu. Kredibilitas suatu sertifikasi sangat ditentukan oleh organisasi atau lembaga pemberi sertifikasinya.

Dengan memiliki sertifikat kompetensi kerja, membuat kemampuan Anda akan diakui secara global. Tentu hal itu akan membuat pengembangan kemampuan kompetensi Anda bisa meningkat jauh lebih tinggi. Peluang untuk dapat bergabung dan bekerja di perusahaan bonafit juga meningkat. Ini disebabkan dengan adanya sertifikat itu membuat penilaian perusahaan kepada Anda menjadi meningkat dibandingkan dengan yang tidak bersertifikat.

Baca juga: Mengapa Perusahaan Membutuhkan Audit Eksternal?

Selain hanya untuk memperlancar urusan administrasi dan memudahkan perusahaan dalam memilah serta menyaring pekerjanya. Berikut beberapa alasan pentingnya dari memiliki sertifikat profesi baik bagi perusahaan ataupun karyawan.

  1. Karyawan memahami standar melakukan pekerjaan yang baik sesuai bidangnya. Dikarenakan sebelum mendapatkan sertifikat kompetensi kerja pekerja tersebut harus mengikuti pelatihan bekerja dengan baik dan profesional.
  2. Karyawan memiliki nilai jual dan daya saing yang tinggi. Ketika seorang pekerja memiliki sertifikat profesi maka perusahaan akan lebih mempertimbangkannya.
  3. Jenjang karir seorang pekerja menjadi lebih baik. Biasanya untuk memperlancar karir, seorang pekerja jika ingin meningkatkan jenjang karir harus memiliki sertifikat kompetensi kerja terlebih dahulu agar perusahaan menjadi lebih yakin.
  4. Perusahaan akan meningkatkan produktivitasnya jika mempekerjakan karyawan sudah berkompetensi di bidangnya. Jadi bisa menyelesaikan pekerjaan dengan standar berkualitas.
  5. Kemungkinan terjadi kesalahan kerja akan menurun. Dengan mempunyai sertifikat profesi, biasanya pekerja akan lebih profesional sehingga kesalahan kerja akan lebih jarang ditemui.

Baca juga: Mengenal Apa itu Kantor Akuntan Publik (KAP)


Editor: Aris Vambudi -

     

Komentar