Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
4 Cara Jitu Melunasi Utang Bisnis
Siker.id | 30 Aug 2022 13:08


Bagikan ke
Cara jitu melunasi utang bisnis (siker)

siker.id – Roda bisnis akan terus menerus membutuhkan biaya operasional dan biaya lainnya. Tak sedikit para pengusaha yang memilih untuk mengambil utang dengan menjaminkan aset-aset mereka demi memperoleh suntikan dana untuk keberlangsungan bisnisnya.

Bagi para pengusaha, tentu memperoleh modal yang besar akan menambah daya bisnis mereka. Hal ini tak jarang pula membuat para pengusaha terlilit utang karena besarnya jumlah pinjaman utang yang mereka ajukan. Selain itu, banyak juga yang terpaksa menjual aset berharga mereka hanya untuk membayar utang tersebut karena tidak adanya pengelolaan utang yang baik.

Untuk itu, berikut beberapa tips yang dapat kamu gunakan untuk melunasi utang bisnismu itu. Simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga: Pentingnya Konsultan Keuangan Dalam Pengelolaan Keuangan

Membuat Rekapitulasi Utang

Tips pertama yang bisa kamu coba adalah membuat rekapitulasi utang. Dalam mencoba melunasi utang secara efektif, kamu perlu membuat rincian daftar atau rekapitulasi utang terlebih dahulu.

Cara melunasi utang ini merupakan langkah penting untuk dilakukan agar kamu bisa menemukan skema terbaik dalam kembali menghadirkan kestabilan finansial dengan melunasi utang.

Melakukan Yard Sale

Tips kedua adalah memiliki inisiatif untuk melakukan yard sale. Maksudnya, agar bisa mendapatkan uang tambahan, kamu bisa membongkar ataupun memilah beberapa aset perusahaan seperti kursi, meja, atau peralatan lainnya yang sudah tidak terpakai atau rusak dan melakukan yard sale.

Pastinya, hasil dari penjualan tersebut bisa kamu jadikan sebagai tambahan untuk membayar utang bisnis yang tengah menumpuk.

Baca Juga: 3 Tips Menghadapi Rekan Kerja Suka Utang

Mencari Penghasilan Tambahan

Tips ketiga ialah mencari penghasilan tambahan. Jika pendapatan bisnismu belum benar-benar mencukupi untuk sekedar melunasi utang yang besar, maka cara yang tepat untuk mengatasi hal itu adalah dengan mencari penghasilan tambahan. Dalam hal ini, kamu bisa menjual hal lainnya untuk bisa mendapatkan uang tambahan.

Mengurangi Pengeluaran

Tips terakhir untuk melunasi utang bisnis adalah dengan mengurangi pengeluaran. Hal ini tentu memerlukan konsistensi yang kuat. Kamu bisa mengubah skema budget pengeluaran untuk membantu keluar dari masalah utangmu.

Sebagai contoh, apabila selama ini kamu menghabiskan sekitar 50%-60% penghasilan untuk keperluan konsumsi dan sisanya baru digunakan untuk melunasi utang. Maka ada baiknya, untuk menambahkan proporsi pembayaran utang menjadi lebih tinggi.

Nah, itu tadi 4 Cara Jitu Melunasi Utang Bisnis yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Tips Meningkatkan Kesehatan Keuangan bagi Karyawan


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

TAG :

Komentar