icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Pentingnya Konsultan Keuangan Dalam Pengelolaan Keuangan
Siker.id | 20 Nov 2021 17:30


Bagikan ke
Pentingnya konsultan keuangan ternyata bisa membantu dalam proses pengelolaan keuangan perusahaan. (siker)

siker.id - Tugas konsultan keuangan secara umum yaitu membantu klien terkait masalah keuangan yang dialaminya. Namun, jika dilihat lebih rinci, seorang konsultan keuangan memiliki tugas yang lebih luas. Lantas, apa sajakah tugasnya? Simak lebih lanjut ulasannya berikut ini.

Baca juga: Berikut Ini Definisi dan Tugas Staf Administrasi

Pengertian Konsultan Keuangan

Konsultan adalah tenaga ahli yang bertugas untuk memberikan saran, pertimbangan hingga petunjuk pada orang atau badan lain. Sementara jasa konsultan keuangan adalah tenaga ahli yang memberikan saran dan langkah-langkah untuk menyelesaikan permasalahan di bidang keuangan.

Tugas Konsultan Keuangan

Membantu Perencanaan Keuangan Klien

Tugas konsultan keuangan yang utama yaitu membantu para klien, baik perorangan maupun badan usaha, dalam perencanaan keuangan mereka. Perencanaan keuangan tersebut meliputi tugas untuk mengatur dan memberi saran perihal keuangan untuk mencapai tujuan tertentu. Menyewa jasa konsultan keuangan ini biasanya dilakukan jika pemilik badan usaha kurang mengetahui tentang cara membuat perencanaan keuangan yang benar.

Mengatur Posisi Keuangan

Tugas selanjutnya dari seorang konsultan keuangan yaitu membuat serta mengatur posisi keuangan klien agar dapat mudah dibaca dan dimengerti. Dengan pengalaman dan kemampuan yang sudah dimiliki di bidang keuangan, seorang konsultan keuangan harus mampu membuat rancangan keuangan mudah dibaca dan dimengerti meski tanpa tahu tentang kondisi lapangan.

Memberi Solusi Terhadap Masalah Keuangan Klien

Konsultan keuangan juga bertugas untuk memberikan solusi yang tepat berdasarkan permasalahan keuangan klien. Hal ini dilakukan setelah melakukan identifikasi terhadap masalah yang diceritakan oleh klien di awal konsultasi. Dengan demikian, seorang konsultan keuangan wajib bertanggung jawab penuh terhadap solusi dan saran yang diberikan.

Baca juga: Staff Finance, Wajib Punya Skill Ini

Membantu Mengelola Keuangan Jangka Panjang

Selanjutnya, seorang konsulan keungan juga bertugas untuk membantu klien dalam mengelola keuangan dalam jangka waktu panjang. Konsultan keuangan juga bertugas memberikan gambaran kepada klien tentang risiko jangka pendek maupun jangka panjang dari solusi yang diberikan. Selain itu, konsultan keuangan juga wajib menjelaskan risiko dari setiap solusi yang ditawarkan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan klien dalam memutuskan solusi keuangan yang terbaik.

Syarat Menjadi Konsultan Keuangan

Untuk menjadi seorang konsultan keuangan, seseorang harus memenuhi syarat-syarat berikut.

1. Tersertifikasi

Syarat utama menjadi seorang konsultan, baik keuangan atau semua bidang, adalah tersertifikasi. Sertifikasi adalah bukti nyata yang menunjukkan kemampuan dan profesionalitas seorang konsultan. Untuk konsultan keuangan, ada dua jenis sertifikat yang bisa dimiliki oleh konsultan keuangan yakni Certified Management Accountants atau CMA dan Certified Internal Auditors atau CIA.

2. Terampil dalam Berkomunikasi

Klien adalah orang yang lebih awam daripada konsultan keuangan, sehingga konsultan perlu terampil dalam berkomunikasi. Tujuannya adalah agar klien mudah untuk memahami apa yang ingin disampaikan. Jika Anda ingin mendapatkan klien luar negeri, maka latihlah kemampuan berbahasa inggris.

3. Berpendidikan Sesuai Kualifikasi

Sesuaikan jenjang pendidikan dengan kualifikasi konsultan keuangan yang diinginkan. Tidak hanya sekolah formal, biasanya seorang calon konsultan keuangan akan mengambil beberapa kelas non formal. Orang-orang yang memiliki lisensi untuk memberikan konsultasi keuangan tentu tidak sembarangan.

Sekian artikel tentang tugas konsultan keuangan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Begini Tugas Utama Seorang General Affair, Simak Yuk


Editor: Theo Adi -

     

Komentar