Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
4 Kegunaan Manajemen Inovasi
Siker.id | 29 Aug 2022 13:03


Bagikan ke
Kegunaan manajemen inovasi (siker)

siker.id – Berinovasi merupakan hal yang penting. Menurut Everett M. Rogers (1983), inovasi adalah suatu ide, gagasan, praktek atau objek/benda yang disadari dan diterima sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang atau kelompok untuk diadopsi.

Dalam dunia bisnis, memiliki sebuah inovasi pada produk akan memberikan peluang bagi perusahaan untuk mendapatkan lebih banyak konsumen atau pelanggan. Perusahaan perlu memastikan bahwa mereka melakukan inovasi dengan riset mendalam untuk mengetahui kebutuhan konsumen. Untuk itu, perusahaan memerlukan manajemen inovasi. Apa itu manajemen inovasi?

Manajemen inovasi adalah suatu ilmu manajemen yang kaitannya erat dengan proses mengelola inovasi pada sebuah perusahaan. Manajemen inovasi dibutuhkan agar sebuah perusahaan dapat bersaing dan bertahan, karena perkembangan produk dan kebutuhan masyarakat terus berkembang.

Lalu, apa saja kegunaan manajemen inovasi ini? Simak di bawah ini, ya!

Baca Juga: Mengapa Inovasi Bisnis Begitu Penting? Ini Alasannya!

Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Manfaat pertama dari adanya manajemen inovasi yakni, meningkatkan kepuasan pelanggan. Seiring dengan kualitas produk yang semakin bagus dan tim yang termotivasi, kepuasaan pelanggan lama dan baru akan semakin tinggi.

Kepuasan pelanggan yang tinggi akan menciptakan citra bisnis yang bagus di mata pelanggan dan membuat mereka dengan mudah merekomendasikan produk dan layanan ke orang lain tanpa harus diminta terlebih dahulu.

Memperluas Pasar

Kegunaan selanjutnya dari adanya manajemen inovasi adalah dapat memperluas pangsa pasar. Setiap bisnis, pasti menginginkan dan mengharapkan adanya perkembangan/perluasan pasar. Pasalnya, luasnya pasar perusahaan akan berbanding lurus dengan pendapatan bisnis yang juga meningkat.

Baca Juga: 3 Aspek Manajemen Produksi

Meningkatkan Kualitas Produk & Layanan

Kegunaan ketiga dari adanya manajemen inovasi adalah dapat meningkatkan kualitas produk serta layanan. Sudah sangat jelas terlihat dari pengertian dan penjelasannya, manajemen inovasi sangat berpengaruh pada kualitas dari produk dan layanan milik perusahaan.

Produk dan layanan yang selalu disisipkan sebuah inovasi mengikuti tren, perkembangan zaman serta kepribadian pasar akan membuat kualitasnya semakin membaik.

Membantu Tim Lebih Produktif & Efisien

Kegunaan terakhir adalah membantu tim lebih produktif dan efisien. Motivasi kerja karyawan datang tidak dari satu atau dua faktor yang disediakan oleh perusahaan. Namun, motivasi mereka akan jauh lebih baik apabila perusahaan melakukan pembaruan sesuai dengan keinginan.

Hal ini dikarenakan dengan menerapkan manajemen inovasi maka kita bisa mengerjakan berbagai hal dan menghasilkan output dalam waktu yang singkat.

Nah, itu tadi 4 Kegunaan Manajemen Inovasi yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 5 Fungsi Manajemen Penjualan


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar