Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Anda Lulusan Manajemen Bisnis Internasional? Baca ini
Siker.id | 17 Nov 2021 18:50


Bagikan ke

Siker.id - Sebelum membahas prospek kerja jurusan bisnis Internasional, ada baiknya kamu menyimak beberapa paragraf berikut ini mengenai definisi bisnis internasional dan mata kuliahnya sebagai gambaran buat kamu sebelum membuat keputusan.

Program studi Bisnis Internasional terbilang baru di beberapa Perguruan Tinggi dan minat dari mahasiswa belum cukup ramai seperti di prodi lainnya.

Dalam Prodi Bisnis Internasional, kamu akan mempelajari tentang beragam hal yang berhubungan dengan bisnis yang bersifat internasional. Bagi kamu yang ingin memilikki karir Internasional maka bisnis Internasional bisa menjadi salah satu pilihan, untuk mewujudkan cita-cita dan asa kamu.

Sementara itu, program studi Bisnis Internasional di negara lain seperti Eropa dan Amerika prodi tersebut menjadi salah satu yang favorit dari mahasiswa disana, karena peluang dan tantangan kerja yang cukup menarik.

Baca juga: Bagi Lulusan Ilmu Gizi, Ini Prospek kerjanya

Berikut adalah daftar pekerjaan jurusan bisnis internasional:

1. Spesialis Operasi Bisnis

Spesialis operasi bisnis sering ditugaskan dengan tugas yang luas untuk mengoptimalkan aliran perusahaan dengan menganalisis operasi bisnis sehari-hari dan meningkatkan hubungan perusahaan-pelanggan. Ini adalah pekerjaan yang paling cocok bagi mereka yang nyaman dalam posisi manajerial - mereka yang mampu berpikir luas dan fokus pada gambaran besar. Selain gelar sarjana dalam bisnis atau bisnis internasional, beberapa pengusaha suka mempekerjakan mereka yang memiliki gelar master dalam mata pelajaran terkait, seperti ekonomi, akuntansi atau bahkan sumber daya manusia.

2. Analis Anggaran

Analis anggaran mengembangkan rencana pengeluaran untuk berbagai institusi, termasuk bisnis, sekolah, universitas dan pemerintah. Mereka melakukan penelitian dan menganalisis pengeluaran masa lalu, sehingga mereka dapat secara efektif memberi saran kepada sebuah institusi tentang di mana uang itu dibelanjakan. Terkadang, analis anggaran juga ditugaskan untuk melacak pengeluaran dalam suatu perusahaan untuk memastikannya sesuai dengan rencana anggaran tertulis. Analis anggaran yang baik memiliki keahlian riset, analitik dan komunikasi yang hebat, karena mereka sering harus melewati rencana anggaran mereka melalui bos atau komite mereka. Gelar bisnis internasional dapat memberikan calon analis anggaran keunggulan dalam persaingan ketika melamar pekerjaan dengan perusahaan besar yang mungkin memiliki cabang di luar negeri.

3. Marketing executive

Biasanya, marketing menjadi salah satu konsentrasi atau penjurusan di dalam fakultas manajemen dan bisnis. Namun, kalaupun tidak mengambil konsentrasi ini, kamu tentu mempelajari dasar-dasar marketing selama kuliah bisnis.

Salah satu prospek kerja manajemen bisnis yang fokus di bidang pemasaran adalah marketing executive. Profesi ini bisa disebut sebagai induk dari semua kegiatan marketing perusahaan.

Lantas, apa yang membedakannya dari profesi-profesi lain di bidang marketing? Marketing executive berfokus untuk memaksimalkan keuntungan dari strategi pemasaran yang ia jalankan.

Nantinya, kegiatan atau strategi itu dijalankan oleh bagian marketing lainnya, seperti content marketing, digital marketing, dan social media marketing.

Baca juga: Perusahaan Telat Membayar Gaji, Apa Yang Harus Dilakukan?

4. Business development

Business development menjadi salah satu prospek kerja manajemen bisnis yang paling banyak diburu, baik oleh pencari kerja maupun perusahaan. Business development adalah sebuah proses menciptakan nilai jangka panjang untuk perusahaan melalui pelanggan, pasar, dan juga relasi bisnis.

Dengan kata lain, seseorang yang bekerja di bidang business development bertanggung jawab untuk menciptakan strategi agar pelanggan, pasar, dan relasi bisnis bisa menciptakan peluang bagi perusahaan untuk berkembang.

Sekian artikel tentang prospek kerja manajemen bisnis international bila menyukai artikel ini bisa anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih

Baca juga: Mengapa Masih Ada Perusahaan Menahan Ijazah Karyawannya?

 

 


Editor: Bagus -

     

Komentar