Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Kamu Perlu Tahu Fungsi Manajemen Pemasaran!
Siker.id | 19 Jul 2022 14:00


Bagikan ke
Fungsi manajemen pemasaran (siker)

siker.id – Ketika kamu sekolah atau kuliah, mungkin kamu pernah mendengar mengenai mata kuliah manajemen pemasaran. Apa itu manajemen pemasaran? Manajemen pemasaran adalah sebuah rangkaian perencanaan, proses pelaksanaan, pengawasan serta kegiatan pengendalian pemasaran suatu produk, agar sebuah perusahaan bisa mencapai target secara efektif dan efisien.

Adapun manajemen pemasaran ini dibuat, secara umum dengan tujuan untuk menciptakan sistem, membangun, serta mempertahankan pertukaran, terhadap produsen dan konsumen, agar bisa saling memberikan keuntungan.

Menurutmu apa fungsi manajemen pemasaran ini? Simak di bawah ini, ya!

Baca Juga: 3 Kelebihan dari Strategi Pemasaran Endorse

Analisis Pasar

Tak semua perusahaan mempunyai bagian pemasaran dan penjualan yang formal, tetapi setiap perusahaan pasti mempunyai dan melaksanakan berbagai elemen penting yang terdapat dalam aktivitas pemasaran dan penjualan yang bertujuan utama membuat konsumen yang baru maupun yang lama tertarik kembali untuk menggunakan produk dan fasilitas yang ditawarkan secara terus menerus.

Agar mengetahui peluang dan ancaman serta kebutuhan dan keinginan konsumen ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam proses kegiatan analisis pasar yaitu: analisis terhadap peluang dan ancaman, serta analisis perilaku konsumen.

Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar ke dalam kelompok-kelompok yang berbeda, di mana setiap kelompok mempunyai ciri yang hampir sama. Dengan melakukan segmentasi pasar, kegiatan pemasaran dapat dilakukan lebih terarah dan sumber daya di bidang pemasaran dapat digunakan lebih efektif dan efisien.

Segmentasi pasar harus memenuhi syarat diantaranya: dapat diukur (measurable) baik besarnya maupun luasnya serta daya beli segmen pasar tersebut, dapat dicapai (accessible) sehingga dapat dilayani secara efektif, substansial sehingga dapat menguntungkan jika dilayani, dan dapat dilaksanakan (actionable) dan semua program yang telah dirancang untuk menarik dan melayani segmentasi pasar dapat efektif dan efisien.

Baca Juga: 3 Jenis Teknik Pemasaran Direct Marketing

Menetapkan Pasar Sasaran

Menetapkan pasar sasaran berarti memberikan nilai keaktifan setiap bagian kemudian memilih salah satu dari bagian pasar atau lebih untuk dilayani.

Kegiatan menetapkan pasar sasaran meliputi: evaluasi bagian pasar (ukuran dan pertumbuhan bagian seperti data tentang usia nasabah, pendapatan, jenis kelamin dari setiap segmen), struktural yang menarik dilihat dari segi profitabilitas, dan sasaran serta sumber daya yang dimiliki.

Melakukan Kontrol dan Evaluasi dari Aktivitas Pemasaran

Dalam menjalankan pemasaran, ini juga merupakan hal penting karena pasti ada perbedaan antara yang direncanakan, dengan yang sebenarnya.

Maka dari itu, dengan adanya kontrol dan evaluasi, kekurangan atau masalah yang ada saat proses pemasaran dapat segera diperbaiki atau dituntaskan. Kamu juga perlu tau bahwa dalam proses pemasaran ini selalu ada learning atau insight baru yang didapatkan.

Nah itu tadi, Fungsi Manajemen Pemasaran yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Strategi Pemasaran yang Sering Digunakan


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar