4 Tujuan Manajemen Operasional yang Perlu Kamu Ketahui!
Siker.id | 18 Jul 2022 11:00


Bagikan ke
Tujuan manajemen operasional (siker)

siker.id – Dalam menjalankan operasi perusahaan, perusahaan tentu membutuhkan kemampuan manajemen yang disebut manajemen operasional. Secara umum, manajemen operasional mengacu pada strategi yang digunakan dalam pengaturan dan administrasi praktik bisnis untuk menciptakan efisiensi maksimum di perusahaan.

Selain itu, bagian ini juga bisa kamu artikan sebagai manajemen yang berperan untuk mengelola semua kegiatan yang berhubungan dengan produksi barang dan jasa secara langsung. Peran pengelolaan ini juga termasuk perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, koordinasi, dan juga pengendalian.

Lalu, apa tujuan adanya manajemen operasional ini? Yuk, cek dibawah ini ya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Macam Sistem Informasi Manajemen

Proses Produksi

Dengan adanya manajemen operasional ini perusahaan dapat memastikan semua proses produksi bisa berjalan dengan baik, benar dan efektif. Selain itu, manajemen operasional juga bertujuan untuk bisa mengurangi waktu proses produksi atau reduced processing time.

Tujuan dari pengurangan ini tentu saja karena semakin cepat proses produksi maka akan semakin banyak juga produk yang akan dihasilkan. Selain itu, dengan waktu produksi yang singkat juga menandakan proses produksi bisa cukup efektif.

Produktivitas

Tujuan adanya pembentukan manajemen operasional ini adalah memastikan jumlah produksi sesuai dengan apa yang diharapkan. Baik dalam segi kuantitas maupun kualitas.

Salah satu hal yang bisa bagian ini lakukan untuk meningkatkan produktivitas ini adalah dengan melakukan meningkatkan kompetensi.

Baca Juga: 4 Prinsip Manajemen Wajib Diterapkan Dalam Bisnis

Efisiensi

Pada dasarnya tujuan manajemen operasional adalah memastikan semua proses efisien. Dalam hal ini maka bagian ini akan memastikan cara dan langkah terbaik yang bisa dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Efisiensi ini juga termasuk bagaimana cara mendapatkan hasil yang diinginkan dengan usaha yang cepat. Nantinya proses efisiensi ini juga akan berkaitan dengan banyak hal lain, salah satunya adalah masalah keuntungan

Kualitas

Manajemen operasional juga memiliki tujuan untuk menjaga dan melakukan peningkatan pada kualitas produksi. Tujuan ini akan saling terkait dengan peningkatan produktivitas.

Yang mana, secara jumlah akan meningkat dan secara kualitas juga bisa meningkat. Tujuan peningkatan kualitas ini juga nantinya akan berkaitan dengan peran untuk mengatur sumber daya. Bagaimana bagian ini melakukan pengaturan terhadap hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap peningkatkan kualitas yang diharapkan.

Ketika manajemen operasional bisa meningkatkan sumber daya yang ada, maka hal tersebut akan menjadi langkah awal untuk meningkatkan kualitas nantinya.

Nah itu tadi, 4 Tujuan Manajemen Operasional yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Pahami 4 Fungsi Manajemen Ini!


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar