icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Mengapa Inovasi Bisnis Begitu Penting? Ini Alasannya!
Siker.id | 11 Aug 2022 14:30


Bagikan ke
Alasan mengapa inovasi bisnis begitu penting (siker)

siker.id – Dunia bisnis merupakan dunia yang dinamis, sepakat? Ya, kini perkembangan dunia bisnis sangatlah cepat, cara/metode dalam berbisnis kini memiliki fleksibilitas dan kemudahannya tersendiri. Pada sektor pemasaran misalnya, para marketer sekarang sudah bisa memasarkan produk mereka melalui media sosial seperti, Instagram, Facebook, Youtube, dan lain sebagainya. Selain itu, mereka juga tak perlu susah payah mengiklankan produk dengan memasang baliho besar atau menyebarkan brosur kepada calon konsumennya.

Hal ini merupakan buah inovasi yang ditawarkan oleh perkembangan teknologi untuk bisnis. Inovasi bisnis sendiri merupakan sebuah proses penerapan ide baru yang melibatkan pemikiran kreatif dan penerapan teknis dalam peningkatan produk atau layanan dari suatu perusahaan atau brand. Mengutip Steve Jobs, “Inovasi ialah kemampuan dalam melihat perubahan sebagai peluang, bukan ancaman.”

Lalu, mengapa inovasi bisnis ini begitu penting? Simak alasannya di bawah ini!

Baca Juga: Pahami 5 Peran Teknologi Informasi untuk Bisnis Ini!

Menjaga Bisnis Tetap Relevan

Inovasi bisnis adalah kemampuan beradaptasi mutlak yang harus dilakukan dalam dunia bisnis bila ingin bisnisnya tetap relevan ditengah gempuran perubahan zaman. Kemajuan teknologi mendorong banyaknya bisnis-bisnis baru seperti startup bermunculan dengan berbagai inovasi yang mendobrak industri. Maka dari itu, inovasi sangat diperlukan bagi semua bisnis, baik bisnis besar maupun yang sedang merintis. Mengapa? Supaya bisnis tetap relevan dalam menghadapi lingkungan yang terus berubah.

Menjadi Ciri Khas Suatu Perusahaan

Tujuan dari adanya inovasi ialah untuk melakukan atau menciptakan sesuatu yang berbeda dari para kompetitor di bidang sama. Bila ingin berinovasi pada produk, maka kembangkan produk itu hingga memiliki keunggulan atau spesifikasi khusus yang tidak ada di pasaran.

Selain itu, bisa juga dengan melakukan inovasi pada cara atau sistem kerja perusahaan. Dengan begitu, suatu perusahaan bisa memiliki pembeda atau ciri khas tersendiri, baik dalam hal produk maupun identitas.

Baca Juga: Pahami 4 Fungsi Google Analytics untuk Bisnis!

Meningkatkan Brand Awareness

Para pelanggan cenderung menyukai merek yang terkenal karena inovasi dan kesadaran sosial. Terlebih lagi inovasi paling kuat bisa dilihat dari strategi pemasaran yang menarik sehingga membuat konsumen penasaran dan lebih mengenal brand-mu.

Meminimalisasi Persaingan

Pada ketatnya persaingan bisnis yang terjadi, inovasi ialah jawaban untuk memenangkan persaingan. Mau tidak mau pelaku bisnis dituntut agar lebih kreatif serta peka terhadap lingkungan sebagai bentuk adaptasi atas perubahan.

Nah, itu tadi alasan mengapa inovasi bisnis begitu penting yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Prinsip Etika Bisnis Untuk Jadi Pengusaha Sukses


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

TAG :

Komentar