3 Aspek Manajemen Produksi
Siker.id | 26 Aug 2022 15:22


Bagikan ke
Aspek manajemen produksi (siker)

siker.id – Pada perusahaan produksi atau manufaktur, tentu dibutuhkan suatu sistem yang dapat mengatur segala proses produksi di dalamnya. Manajemen produksi dapat menjadi solusi untuk hal tersebut. Apa itu manajemen produksi?

Menurut para ahli seperti Handoko, menyebutkan bahwa manajemen produksi dan operasional adalah berbagai usaha pengelolaan secara optimal penggunaan semua sumberdaya yang dimiliki. Sumber daya yang dimaksud terdiri dari tenaga kerja, mesin, peralatan, bahan mentah, dan lain sebagainya. Pengelolaan ini digunakan pada saat transformasi bahan mentah dan tenaga kerja menjadi berbagai produk atau jasa.

Sementara menurut Sofyan Assauri, manajemen produksi adalah kegiatan untuk mengatur dan mengkoordinasikan penggunaan berbagai sumber daya yang terdiri dari sumber daya manusia, sumber daya alat, sumber daya dana, dan bahan. Kegiatan ini dilakukan secara efektif dan efisien untuk menciptakan dan menambah kegunaan suatu barang atau jasa.

Pada manajemen produksi ini terdapat beberapa aspek yang penting untuk diperhatikan. Apa saja kah itu? Simak di bawah ini!

Baca Juga: Berikut Tugas dan Jenjang Karir Teknisi Produksi

Perencanaan Produksi

Aspek pertama adalah perencanaan produksi. Perencanaan produksi memiliki tujuan untuk melancarkan proses produksi secara sistematis. Adapun dalam hal ini ada beberapa keputusan yang harus diambil sebagai langkah awal. Diantaranya seperti jenis barang, kualitas barang, bahan baku yang digunakan, kuantitas barang serta pengendalian produksi itu sendiri.

Pengendalian Produksi

Aspek kedua dari manajemen produksi adalah pengendalian produksi. Tahapan kontrol menjadi penting agar proses produksi berjalan sesuai rencana. Dalam pengendalian produksi terdapat tiga hal yang harus diketahui yakni, membuat perencanaan, menentukan target pasar, dan menyusun jadwal kerja.

Maksud adanya pengendalian ini adalah agar proses produksi sejalan dengan tujuan perusahaan. Minimalisasi ongkos produksi dapat ditekan melalui alur kerja efisien ini, selain juga dapat memproyeksikan proses pemasaran secara relevan.

Baca Juga: Jenis-jenis ISO yang Wajib Kamu Ketahui!

Pengawasan Produksi

Aspek ketiga manajemen produksi adalah pengawasan produksi. Tujuan dari pengawasan ini dilakukan agar poses produksi bisa berjalan sesuai dengan yang diinginkan, waktunya tepat, dan biaya operasionalnya sesuai.

Dalam pelaksanaannya, terdapat beberapa kegiatan yang berkaitan dengan pengawasan produksi, diantaranya menentukan kualitas barang, melaksanakan produksi sesuai jadwal serta membuat standar barang.

Nah, itu tadi 3 Aspek Manajemen Produksi yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Manfaat Manajemen Risiko bagi Perusahaan


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar
Pencarian