Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Begini Prospek Kerja Lulusan Manajemen Perusahaan
Siker.id | 17 Nov 2021 16:50


Bagikan ke

Siker.id - Jurusan Manajemen Pemasaran mempelajari berbagai hal yang berhubungan dengan penjualan produk, seperti perencanaan pengembangan konsumen segmentasi dan analisa pasar, metode periklanan, promosi dan lain sebagainya. Pada jurusan ini kamu juga akan belajar membuat strategi pemasaran, memahami dan memecahkan masalah dalam penjualan, mempelajari perilaku konsumen, menetapkan harga serta komunikasi ke konsumen. Manajemen Pemasaran sebagai ujung tombak sebuah perusahaan karena berhubungan dengan operasional perusahaan.

Jurusan Manajemen Pemasaran akan mengajarkanmu untuk berpikir kreatif dan inovatif serta tetap up to date dengan perkembangan tren dan teknologi. Pemasaran sebagai salah satu faktor penentu suksesnya suatu perusahaan atau produk untuk dikenal dan dipercaya oleh masyarakat yang menjadi konsumennya.

Sama seperti bidang ilmu lainnya, jurusan manajemen pemasaran juga memiliki spesialisasi yang beragam, diantaranya Digital marketing, Public relations, Marketing research and analytics, Database marketing, Marketing management, Content marketing, Search engine marketing (SEM), Social media marketing, Integrated marketing communications dan Guerilla marketing.

Baca juga: Anda Lulusan Pendidikan Luar Sekolah, Ini Prospek Kerjanya

Manajemen pemasaran memiliki prospek kerja yang cukup luas. Untuk Kamu para lulusan dari jurusan ini, berikut adalah 5 peluang atau prospek kerja manajemen pemasaran

1. Sales Representative

Sebagian besar perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan, baik barang maupun jasa pasti memiliki fungsi jabatan sales representative yang merupakan seseorang yang menjadi wakil perusahaan dalam menjual sebuah produk kepada konsumennya. Jadi, bisa dikatakan bahwa pekerjaan ini merupakan posisi yang cukup mempengaruhi keberhasilan suatu perusahaan. Nah, dalam manajemen pemasaran tentu diajarkan bagaimana melakukan pendekatan kepada konsumen untuk menjual produk, membuka segmen pasar baru bagi perusahaan, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan penjualan produk secara langsung kepada konsumen. Maka dari itu posisi ini sangat cocok untuk kamu.

2. Social Media Marketing

Yang kedua, lulusan jurusan manajemen marketing bisa menjadi seorang social media marketing. Perkembangan teknologi digital juga membuat banyaknya peluang kerja baru di dunia digital, salah satunya adalah aktivitas pemasaran melalui media sosial. Seorang social media marketing bertugas untuk memasarkan produk atau jasa menggunakan pendekatan social media.

Meskipun terlihat mudah, social media marketing perlu strategi khusus agar marketing yang dilakukan bisa mencapai tujuan dan sesuai dengan value dari perusahaan. Kamu perlu memikirkan konten yang akan diangkat, engagement, hingga penggunaan ads, seperti Facebook Ads atau Instagram Ads.

3. Koordinator Acara (Event Planner)

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan kata event organizer atau EO. Banyak acara yang menggunakan jasa EO, baik acara perorangan maupun perusahaan. Nah, di dalam setiap event organizer, terdapat bagian yang memiliki peran penting yang disebut sebagai event planner. Kalau kamu orang yang kreatif dan senang bertemu orang baru, profesi ini mungkin cocok untuk kamu. Secara garis besar, event planner memiliki tanggung jawab mengemas suatu acara secara kreatif dan menarik sehingga acara tersebut sukses diselenggarakan. Selain itu, event planner juga harus menjaga hubungan baik dengan vendor dan klien, melakukan kesepakatan penawaran, dan membahas kontrak kerja.

Baca juga: Bagaimana Prospek Kerja Lulusan Pendidikan Luar Biasa?

4. Manajer Periklanan (Advertising)

Manajer periklanan bertugas mengatur dan merencanakan kampanye iklan suatu perusahaan. Orang-orang dalam jabatan ini juga melakukan negosiasi dengan perusahaan advertising dan melakukan riset pasar dalam rangka memenuhi kepuasan pelanggan. Semua kualifikasi pekerjaan tersebut kurang lebih dipelajari dalam bidang studi manajemen pemasaran. Selain itu, jabatan ini harus diisi oleh orang yang kreatif dan bisa melihat peluang baru, memiliki kemampuan dalam pengambilan keputusan, dan juga menguasai teknik riset pasar. Bagaimana apakah kamu tertarik menjadi manajer advertising?

5. Digital Marketing Staff

Yang terakhir, Kamu bisa berkarir menjadi seorang staff digital marketing. Pekerjaan ini mirip dengan social media marketing, yaitu memasarkan produk atau jasa secara digital. Kamu akan banyak memikirkan konten yang akan diangkat sebagai bagian dari strategi marketing.

Sekian artikel tentang prospek kerja manajemen pemasaran bila menyukai artikel ini bisa anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih

Baca juga: Berikut 10 Peluang Kerja Bagi Lulusan PAUD

 

 


Editor: Bagus -

     

Komentar