Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Jurusan Manajemen Perkantoran? Begini Prospek Kerjanya
Siker.id | 17 Nov 2021 17:45


Bagikan ke

Siker.id - Manajemen Perkantoran merupakan salah satu kegiatan pengelolaan data yang juga disertai dengan informasi yang dibuat secara teratur dan ter sistematis dengan mengikuti berbagai kegiatan organisasi agar tujuan organisasi dapat terwujud dengan baik.

Manajemen perkantoran adalah upaya pengarahan dalam aktivitas atau kegiatan tata usaha suatu kantor secara keseluruhan agar dapat mencapai tujuan yang efisien dan harus diadakan penataan supaya pekerjaan dapat dilakukan dengan sebaik mungkin. Upaya penataan ataupun pekerjaan tentang pengelolaan data suatu kantor disebut dengan manajemen perkantoran.

Seorang lulusan manajemen dapat bekerja dalam berbagai bidang dan sektor. Semuanya dapat di tentukan sesuai dengan minat dan keinginan.

Baca juga: Penasaran dengan Test CFIT Skala 3, Selengkapnya

Berikut ini merupakan prospek atau peluang kerja lulusan manajemen perkantoran :

1. Accounting Manager

Lulusan manajemen perkantoran tentunya dapat berkarya dalam bidang akuntansi maupun keuangan. Tugas utama dari seorang accounting manager adalah memastikan agenda keuangan dalam perusahaan berjalan dengan baik. Adapun tugas yang lebih khusus dari seorang accounting manager yaitu menyiapkan laporan keuangan , memperkirakan kebutuhan financial perusahaan, mengelola file akun, dan melakukan dokumentasi dalam keperluan perpajakan. Selain itu, seorang accounting manager juga dapat bekerja sama dengan para akuntan dan asisten dalam suatu departemen perusahaan.

2. Konsultan Bisnis

Konsultan bisnis banyak diperlukan di berbagai perusahaan baik nasional atau internasional. Hal ini dikarenakan konsultan bisnis memiliki peran cukup penting untuk membantu perkembangan sebuah perusahaan. Karena peran itulah konsultan bisnis yang ahli memiliki upah yang cukup besar bahkan mencapai puluhan juta.

3. Project Manager

Apa kamu tertarik menjadi seorang project manager? Project manager di sini sangat lah luas loo. Jadi tidak hanya perusahaan konstruksi dan perusahaan IT saja yang membutuhkan manajer proyek. Akan tetapi banyak project manager dibutuhkan dalam berbagai bidang agar proyek berjalan dengan baik dan tepat waktu. Adapun tugas dari seorang project manager tergolong rumit antara lain memastikan suatu proyek berjalan tepat waktu dan sesuai budget, memahami risiko suatu proyek, dan mengawasi perjalanan proyek dan memastikan result yang diinginkan agar tercapai.

4. Human Resource Manager

Pekerjaan sebagai human resource manager sangat dibutuhkan baik di perusahaan kecil hingga skala besar. Tentunya, kamu sebagai lulusan manajemen bisa juga kok berkarir di bidang ini. Tugas utama dari seorang human resource manager tidak hanya melakukan perekrutan karyawan saja akan tetapi sangat luas misalnya mengelola karyawan sehingga sudah optimal bekerja sesuai dengan standar perusahaan. Selain itu, HR manager bertanggung jawab dalam mengawasi kegiatan dan kebijakan sumber daya manusia sesuai arahan dari pihak eksekutif.

Ada banyak kemampuan yang harus dimiliki bagi kamu yang ingin menjadi human resource manager antara lain kemampuan problem solver, kemampuan dalam memilih keputusan yang berat, kemampuan organisasi, kemampuan ingin belajar, kemampuan komunikasi, dan banyak lagi.

Tidak heran jika HR manager dipercaya dalam mengawasi staf SDM serta mengelola kompensasi tunjangan, hubungan karyawan, keselamatan, hubungan kerja, dan catatan pekerjaan.

Baca juga: Apa Saja Peluang Kerja Lulusan Administrasi Pendidikan?

5. Data Analyst

Perkembangan teknologi informasi membuat jumlah data yang tumbuh semakin banyak dan dibutuhkan analisis untuk mengambil suatu keputusan. Sebagai seorang lulusan manajemen tentu saja kamu bisa berkarir menjadi data analyst di berbagai perusahaan swasta maupun perusahaan multinasional.

Beberapa tugas dari seorang data analyst antara lain melakukan analisis tren pasar, menggunakan statistik deskriptif untuk mendapatkan gambaran suatu tren, menyajikan hasil analisis kepada klien, dan banyak tugas-tugas lain yang berhubungan dengan data.

6. Pengamat dan Praktisi Ekonomi

Jika kamu orang yang suka melakukan penelitian, mungkin profesi ini cocok untuk kamu. Pengamat dan praktisi Ekonomi merupakan seseorang yang melakukan kajian seputar bidang-bidang ekonomi di instansi atau perusahaan. Hasil pandangan seorang pengamat dan praktisi ekonomi nantinya akan menjadi dasar pertimbangan mereka dalam menentukan kebijakan ekonomi. Prospek kerja satu ini juga termasuk posisi yang penting dan banyak dibutuhkan lho.

Sekian artikel tentang prospek kerja manajemen perkantoran bila menyukai artikel ini bisa anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih

Baca juga: Peluang Kerja Prodi Pendidikan Bimbingan Konseling

 

 


Editor: Bagus -

     

Komentar