5 Fungsi Manajemen Penjualan
Siker.id | 26 Aug 2022 14:19


Bagikan ke
Fungsi manajemen penjualan (siker)

siker.id – Dalam menjalankan suatu usaha atau bisnisnya, perusahaan tentu harus memiliki divisi penjualan. Dengan begitu, keuntungan dapat diraup dan bisnis tetap dapat berjalan. Pada bidang penjualan ini, manajemen penjualan sangat diperlukan untuk mengatur lalu lintas penjualan produk perusahaan.

Apakah manajemen penjualan? Menurut American Marketing Association, manajemen penjualan bisa dimaknai sebagai rangkaian kegiatan yang meliputi proses perencanaan, pengarahan, hingga pengawasan penjualan personal. Hal ini mencakup berbagai aktivitas pemilihan perlengkapan, penentuan rute, pengawasan dan supervisi, hingga proses pembayaran yang dilakukan oleh para tenaga kerja penjualan.

Lalu, apa fungsi dari manajemen penjualan ini? Simak di bawah ini, ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Fungsi Harga Pokok Penjualan

Mengatur Proses Penjualan

Fungsi pertama dari manajemen penjualan ini adalah untuk mengatur proses penjualan. Pelanggan hampir tidak pernah berada pada tahap yang sama dari proses penjualan perusahaan pada waktu yang sama. Seorang manajer penjualan harus memahami proses penjualan dari awal sampai akhir, dan mampu mengelola proses ini ketika mereka melihat potensi hambatan konversi.

Target Penjualan

Fungsi berikutnya adalah membantu menentukan target penjualan. Pengaturan target penjualan tidak hanya terkait dengan jumlah produk yang dijual. Namun, perusahaan juga perlu memastikan keseimbangan, terutama ketika perusahaan memiliki beberapa produk untuk segmen yang berbeda.

Mengidentifikasi Keunggulan

Fungsi ketiga dari manajemen penjualan ini adalah mengidentifikasi keunggulan. Manajemen penjualan juga merupakan peran orang. Salah satu fungsinya adalah untuk memastikan bahwa personel yang melakukan aktivitas penjualan tingkat bawah dikelola dengan benar dan efisien. Seorang manajer penjualan harus memantau seberapa baik kinerja tenaga penjualan dan turun tangan untuk memberi selamat dan memotivasi kinerja terbaik.

Baca Juga: 3 Tips Live Stream Penjualan Di TikTok Bisa Maksimal

Meningkatkan Efisiensi

Pengelolaan langkah-langkah proses penjualan ini merupakan fungsi lain dari manajemen penjualan. Ini melibatkan penilaian setiap interaksi antara merek dan pelanggan potensial dan menemukan cara untuk memperbaiki rintangan dan memanfaatkan peluang, sehingga meningkatkan efisiensi proses penjualan.

Kontrol & Evaluasi

Fungsi yang terakhir, manajemen penjualan dapat membantu manajer dalam mengendalikan dan mengevaluasi program yang sedang dieksekusi. Kamu dapat membandingkan tujuan awal yang ditetapkan oleh hasil pencapaian dari tim penjualan.

Nah, itu tadi 5 Fungsi Manajemen Penjualan yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Tips MEDDIC Dapat Mendongkrak Penjualan


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar