icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
5 Strategi Ekspansi Bisnis yang Efektif
Siker.id | 15 Sep 2022 17:02


Bagikan ke
Strategi ekspansi bisnis yang efektif (siker)

siker.id – Ketika bisnis telah mengalami pertumbuhan yang pesat, salah satu strategi agar bisnis tersebut dapat berkembang adalah dengan melakukan sebuah ekspansi bisnis. Apa itu ekspansi bisnis? Dalam kacamata bisnis, secara umum, ekspansi merupakan upaya untuk memperluas atau memperbesar jaringan bisnis perusahaan untuk meningkatkan keuntungan perusahaan di masa depan.

Sementara itu, OJK mendefinisikan ekspansi bisnis sebagai suatu kegiatan yang bertujuan untuk memperluas atau memperbesar bisnis, yang biasanya ditandai dengan adanya penciptaan pasar baru, perluasan fasilitas, dan perekrutan karyawan baru. Menurut OJK, ekspansi juga dapat merujuk pada peningkatan aktivitas ekonomi dan dunia usaha.

Lantas, bagaimana strategi perusahaan bila ingin melakukan ekspansi bisnis? Simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga: 6 Strategi Rekrutmen yang Efektif dan Efisien

Membuat Perencanaan yang Matang

Hal pertama yang mesti dilakukan adalah perencanaan. Ya, sebelum ekspansi usaha benar-benar dilakukan, perusahaan harus membuat perencanaan yang matang.

Perencanaan yang matang akan membantu perusahaan supaya tidak kehilangan kontrol atas usaha sebelumnya. Perencanaan yang matang juga bisa mempermudah perusahaan dalam mengarahkan arah usaha baru akan dibawa nantinya.

Persiapkan Modal

Hal selanjutnya yang harus dipersiapkan adalah modal. Modal usaha tentu memainkan peran penting dalam kegiatan ekspansi. Penggunaan modal perusahaan perlukan seperti untuk menyewa atau membangun bangunan baru, membayar karyawan, membangun toko fisik, atau membangun pabrik atau gudang, yang hampir pasti akan membutuhkan sejumlah modal yang signifikan.

Menambah Produk Terbaru

Strategi selanjutnya adalah dengan menambah produk terbaru. Bisnis mungkin sudah memiliki produk dan layanan andalan yang mempunyai konsumen dengan jumlah yang signifikan. Namun, tak ada salahnya bila perusahaan menambahkan produk dan layanan baru yang berbeda dari sebelumnya.

Baca Juga: 5 Strategi Membuat Content Marketing yang Elegan

Mencari Target Pasar Baru

Strategi ini juga penting. Pasalnya, pasar baru adalah salah satu kriteria untuk ekspansi bisnis. Bila perusahaan menciptakan produk dan layanan yang unik, perusahaan dapat menargetkan konsumen yang berbeda. Tetapi pencarian target pasar baru ini tidak menghalangi pencarian target pasar produk yang sudah ada.

Membuka Cabang

Strategi selanjutnya adalah dengan membuka cabang. Bila perusahaan sudah mengamati perkembangan dalam bisnis, pertimbangkan untuk membuka cabang baru untuk memperluas jangkauan dan tingkatan awareness terhadap merek perusahaan kepada konsumen. Perusahaan dapat memilih untuk memperluas bisnisnya dengan membuka cabang baru di wilayah geografis yang sama atau berbeda.

Nah, itu tadi 5 Strategi Ekspansi Bisnis yang Efektif yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Strategi Jitu Meningkatkan Customer Experience


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar