icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Pahami 3 Tingkatan Manajemen Ini!
Siker.id | 28 Jul 2022 16:10


Bagikan ke
3 tingkatan manajemen (siker)

siker.id – Dalam suatu perusahaan, terdapat tingkatan atau level manajemen. Hal tersebut memiliki fungsi agar aktivitas perusahaan seperti, kegiatan operasional pekerjaan, pengarahan pekerja, atau pengawasan suatu pekerjaan dapat berjalan sebagaimana fungsinya.

Dengan adanya tingkatan manajemen ini, perusahaan mampu menjalankan tujuan, visi dan misi perusahaan sesuai yang telah disetujui.

Selain itu, fungsi lain dengan adanya level manajemen ini ialah mempermudah bagaimana komunikasi terkait tanggungjawab pekerjaan dapat dilakukan secara baik antar pekerja.

Lalu, apa saja tingkatan-tingkatan manajemen tersebut? Simak di bawah ini ya, sobat siker!

Baca Juga: 4 Manfaat Sistem Informasi Manajemen untuk Kamu Ketahui!

Top Level Management

Top management ialah tingkatan manajemen tertinggi di dalam sebuah perusahaan. Pada tingkatan manajemen ini diisi oleh beberapa pemimpin perusahan. Mereka memiliki tanggung jawab untuk menentukan perencanaan, strategi, dan kebijakan perusahaan. Mereka juga dianggap sebagai nahkoda perusahaan, sebab mereka yang menentukan arah perusahaan.

Secara umum, tingkatan ini diisi oleh orang-orang dengan level C-suite. Presiden Direktur, Managing Director, Chief Executive Officer (CEO), Chief Operational Officer (COO), dan Chief Financial Officer (CFO).

Baca Juga: 4 Prinsip Manajemen Wajib Diterapkan Dalam Bisnis

Middle Level Management

Tingkat manajemen menengah ini berada pada posisi tengah dari manajemen dalam suatu perusahaan. Manajemen tengah ini diangkat langsung oleh top management dan memiliki manajemen dibawahnya.

Dalam tugasnya, manajemen menengah ini bertugas dalam menjalankan semua konsep dan pemikiran yang dicetuskan oleh manajemen level atas. Dalam menjalankan peranannya, manajamen level menengah ini lebih mengandalkan pada kemampuan manajerial dan hal-hal teknis.

Secara umum, mereka bertanggung jawab atas seluruh manajemen dibawahnya bahkan hingga sampai level karyawan sekalipun. Tingkatan manajemen ini biasanya diisi seperti, manajer pemasaran, manajer produksi, manager keuangan dan lain sebagainya.

Low Level Management

Tingkatan manajemen ini paling bawah dalam perusahaan. Tugas dari manajemen bawah ini yakni, mengelola dan memberikan pengarahan kepada para karyawan dalam melakukan kegiatan operasional perusahaan. Pihak yang berada di low level management ini tidak membawahi manajer lain.

Biasanya orang-orang yang berada di low management adalah supervisor, operative officer, section manager hingga mandor.

Beberapa tugas yang diemban low management antara lain:

Memberikan solusi masalah karyawan dalam hal pekerjaan teknis

Menampung keluhan karyawan dan menyampaikannya ke middle management dan sekaligus memberikan saran serta masukan

Memberikan motivasi kepada karyawan dan mendorong kinerja tim mereka agar lebih baik

Menyelesaikan konflik atau masalah yang muncul di sesama anggota tim

Menyediakan lingkungan kerja yang bisa mendukung kinerja dan memberikan keamanan untuk setiap karyawan

Nah, itu tadi 3 Tingkatan Manajemen yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 5 Pendekatan Manajemen Kualitas yang Perlu Diketahui!


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

     

Komentar