4 Manfaat Sistem Informasi Manajemen untuk Kamu Ketahui!
Siker.id | 21 Jul 2022 14:10


Bagikan ke
Manfaat Sistem Informasi Manajemen (siker)

siker.id – Untuk mengembangkan perusahaan, perusahaan memerlukan suatu sistem informasi manajemen atau biasa disingkat SIM. Apa itu?

Menurut business dictionary, sistem informasi manajemen merupakan suatu pendekatan yang terorganisasi untuk mempelajari kebutuhan informasi manajemen organisasi di setiap tingkat guna pengambilan keputusan operasional, taktis dan strategis.

Cara kerja sistem informasi manajemen ini dimulai dari pengolahan data kemudian disimpan dalam database terpusat di mana informasi dapat diakses dan di-update oleh semua orang yang memiliki wewenang sesuai dengan tujuan mereka.

Di bawah ini beberapa manfaat menggunakan SIM bagi kamu pelaku bisnis. Yuk, simak!

Baca Juga: 4 Macam Sistem Informasi Manajemen

Efisiensi Biaya Operasional

Kesalahan yang terjadi akibat human error dapat diminimalisir ketika sistem informasi manajemen bekerja baik bagi bisnismu. Dengan minimnya kesalahan yang terjadi, membuat produktivitas kerja SDM yang ada menjadi meningkat.

Pada waktu bersamaan, kondisi tersebut membuat biaya operasional yang dikeluarkan perusahaan menjadi berkurang.

Meningkatkan Akurasi Data

Keakuratan data sangat diperlukan dalam sebuah bisnis karena hal itu berhubungan dengan keputusan strategis. Sistem informasi manajemen ini adalah alat yang akan memberikan data akurat yang dibutuhkan perusahaan.

Melalui sistem tersebut, data yang masuk akan diolah secara otomatis sehingga membantu tugas manajemen agar lebih efektif dan efisien. Dan dengan dukungan teknologi internet, kamu juga bisa mengambil data yang dibutuhkan pada sistem secara realtime.

Baca Juga: 3 Prospek Kerja Lulusan Sistem Informasi

Meningkatkan Daya Saing Perusahaan

Optimalnya pengelolaan data ini akan membuat perusahaan bekerja lebih adaptif, cepat, serta lebih responsif pada keadaan.

Tanpa meninggalkan nilai utama yang menjadi dasar perusahaan, perkembangan perusahaan bisa dipercepat dalam skala tertentu. Akses data yang diperlukan bisa dipermudah, proses birokrasi bisa dipercepat, dan semua urusan terkait validasi data bisa dilakukan secara langsung.

Cepat dalam Pengambilan Keputusan

Kondisi bisnis yang dinamis tidak memperbolehkan kesalahan sekecil apapun dan selalu menuntut keputusan cepat untuk kondisi kritis.

Dengan data yang terarsip dengan baik dan bisa disajikan sesuai kebutuhan, analisa yang diperlukan bisa disusun sedemikian rupa sehingga perusahaan mampu mengambil keputusan terbaik dengan waktu terbatas.

Kemudahan penyimpanan dan pengarsipan data ini akan berguna untuk menyusun analisis dan perencanaan. Sebagai langkah persiapan, prediksi dan prakiraan wajib dilakukan untuk mempersiapkan diri menghadapi resiko krisis yang mungkin melanda.

Nah itu tadi, 4 Manfaat Sistem Informasi Manajemen yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Sistem Kerja WFA Permanen Diterapkan 4 Perusahaan Ini


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar